Pluralisme Satu Keharusan di Indonesia

Pluralisme Satu Keharusan di Indonesia
Pluralisme Satu Keharusan di Indonesia

jpnn.com - JAKARTA -- Peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat Ali Masykur Musa mengatakan pluralisme menjadi suatu keharusan di Indonesia. Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama itu mengatakan isu pluralisme akan menjadi tema yang pertama diusung ini jika terpilih sebagai pemenang konvensi.

"Pluralisme suatu keharusan di sebuah negara Pancasila. Sebab itu, membangun pluralisme harus menjadi komitmen semua pihak. Baik pemerintah pusat, daerah, tokoh formal maupun informal dan para pemimpin partai politik," ujar Masykur Musa kepada wartawan di Jakarta, Selasa (12/11).

Pernyataan ini menanggapi survei Lembaga Pemilih Indonesia, Minggu (11/11). Seperti diketahui, dalam rilis LPI sosok tokoh elit politik baru yang dinilai pluralis yaitu Jokowi di posisi pertama, Hary Tanoe 5,07 persen di posisi kedua dan capres dari konvensi Demokrat Ali Masykur Musa di posisi ketiga dengan 5,04 persen.

Ali Masykur menambahkan, saat ini Indonesia berada dalam masa transisi dan mengharuskan terbangunnya suasana politik yang penuh toleran agar pemilu 2014 berjalan secara damai.

Sekarang, lanjutnya, sendi-sendi sosial bangsa Indonesiatelah bergeser dari kohesif menuju ke individualistik. Dengan demikian kehidupan masyarakat kita akhirnya cenderung tidak mampu mengembangkan toleransi yang menghargai perbedaan.

"Karena itulah, yang dibutuhkan dalam kepemimpinnan yang akan datang, masyarakat menginginkan agar  pemimpinannya itu mampu menjadi peredam masalah sosial," kata Masykur.

Ia berjanji akan menjadi tokoh yang mampu menjadi solidarity maker di level sosial dan politik. Dirinya mengaku sikap plural bukanlah masalah di tokoh-tokoh NU.

"Karena memang sikap seperti ini (pluralis) sudah menjadi sikap keseharian dari pimpinan-pimpinan Nahdhatul Ulama yang mengedepankan toleransi sebagai prinsip etika sosial kita," ujarnya.

JAKARTA -- Peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat Ali Masykur Musa mengatakan pluralisme menjadi suatu keharusan di Indonesia. Ketua Umum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News