PM Italia Lolos dari Mosi Tak Percaya

Meski Terjerat Skandal Seks

PM Italia Lolos dari Mosi Tak Percaya
PM Italia Lolos dari Mosi Tak Percaya
ROMA - Terjerat skandal seksual dengan gadis di bawah umur dan kalah dalam pemilu lokal beberapa waktu lalu, membuat popularitas Perdana Menteri (PM) Italia Silvio Berlusconi turun drastis. Desakan mundur pun menguat. Kendati demikian, parlemen masih mempertahankan politikus flamboyan tersebut karena berbagai alasan ekonomi.

Selasa waktu setempat (21/6), pemimpin 74 tahun itu luput dari mosi tidak percaya parlemen. Sebanyak 317 dari total 630 anggota majelis rendah (Chamber of Deputies) memberikan suara mereka untuk Berlusconi. Kabarnya, parlemen terkesan pada paparan ekonomi yang disampaikan bos Mediaset tersebut dalam pertemuan tertutup di Kota Roma.

Sebagai praktisi ekonomi, Berlusconi jelas punya banyak pengalaman dalam menghadapi masa sulit. Karena itu, perencanaan ekonomi yang dia sampaikan terkait krisis yang kini membelit Eropa, menjadi nilai lebih bagi pemerintahannya. "Kebijakan ekonomi pemerintahan ini telah menyelamatkan Italia dari ancaman krisis seperti yang dialami negara-negara Eropa lainnya," kata mantan suami Veronica Lario tersebut.

Usai dinyatakan lolos dari mosi tidak percaya, Berlusconi mengaku siap melanjutkan program-program pemerintahan, terutama ekonomi, sampai masa jabatannya berakhir pada 2013. "Meski banyak gangguan dan muncul upaya-upaya tak demokratis untuk menggulingkan pemerintahan (koalisi), saya bersyukur kabinet masih solid sampai hari ini," tandasnya seperti dilansir Bloomberg kemarin (22/6).

ROMA - Terjerat skandal seksual dengan gadis di bawah umur dan kalah dalam pemilu lokal beberapa waktu lalu, membuat popularitas Perdana Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News