PNG Tsunami, Warga Papua dan Papua Barat Diminta Tetap Tenang

PNG Tsunami, Warga Papua dan Papua Barat Diminta Tetap Tenang
Sutopo Purwo Nugroho. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho membenarkan, telah terjadi gempa bumi berkekuatan 7,9 SR (sempat tercatat 8.0 SR) pada Sabtu (17/12) pukul 19.51 WIT. 

Gempa yang terjadi di ‎ New Ireland Region, Papua New Guinea tersebut dikabarkan telah mengakibatkan tsunami di sekitar pusat gempa.

"‎Pesan terakhir Pasific Tsunami Warning Center (PTWC) pada Pukul 21.25 WIT,  telah terjadi tsunami di Tarekukure, PNG setinggi 8 centimeter," ujar Sutopo, Sabtu malam.

‎‎Meski demikian, Sutopo mengimbau masyarakat Indonesia di bagian timur tetap tenang. Karena dampak tsunami tidak sampai ke Papua dan Papua Barat. 

Informasi disampaikan sebagaimana hasil pemodelan tsunami yang dilakukan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah V Jayapura.

‎‎‎"‎Diharapkan masyarakat di Papua dan Papua Barat agar tetap tenang dan tidak perlu evakuasi. Selain itu terus mengikuti arahan dari BMKG dan BPBD. Jangan terpancing isu, karena tsunami yang terjadi tidak berdampak di Indonesia. (gir/jpnn)


JAKARTA - Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho membenarkan, telah terjadi gempa bumi berkekuatan 7,9 SR


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News