Polri Jamin Timur Bukan Pelanggar HAM

Polri Jamin Timur Bukan Pelanggar HAM
Polri Jamin Timur Bukan Pelanggar HAM
JAKARTA — Naiknya Kepala Badan Pemelihara Kemanan (Kabaharkam) Polri Komjen (Pol) Timur Pradopo sebagai calon Kapolri mendapatkan kritik dari sejumlah aktivis HAM. Kritik itu tak terlepas dari dugaan keterlibatan Timur dalam kasus Trisakti 1998 silam. Saat itu, Timur adalah Kapolres Jakarta Barat yang bertanggung jawab atas sistuasi keamanan di wilayah Jakarta Barat, tak terkecuali Universitas Trisakti.

Namun demikian pihak Mabes Polri menjamin calon pengganti Jenderal (pol) Bambang Hendarso Danuri itu bebas dari kasus pelanggaran HAM. Termasuk dugaan keterlibatan kasus Trisakti yang menewaskan sejumlah mahasiswa.

"Itu kan masalah hukum. Hukum itu permasalahan yuridis, dari dulu Pak Timur tidak diproses, berarti nggak ada masalah," ujar Kadiv Humas Polri Irjen (pol) Iskandar Hasan di PTIK Jakarta, Selasa (5/10) sore.

Saat ini, tambahnya, keluarga besar Polri fokus untuk mendukung suksesi pergantian Kapolri. Mengenai sejumlah dugaan pelanggaran HAM, Iskandar menegaskan bahwa hal itu itu telah dibuktikan melalui mekanismenya sendiri.

JAKARTA — Naiknya Kepala Badan Pemelihara Kemanan (Kabaharkam) Polri Komjen (Pol) Timur Pradopo sebagai calon Kapolri mendapatkan kritik dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News