Polri Tak Mau Lebay Sikapi SMS Ancaman ISIS ke Jokowi

Polri Tak Mau Lebay Sikapi SMS Ancaman ISIS ke Jokowi
Polri Tak Mau Lebay Sikapi SMS Ancaman ISIS ke Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Isu mengenai aktivitas kelompok militan pendukung Negara Islam Irak Suriah (ISIS) di wilayah Indonesia makin terdengar santer belakangan ini. Bahkan, Presiden Joko Widodo dikabarkan pernah mendapat ancaman melalui layanan pesan singkat (SMS) dari kelompok yang berbasis di kawasan Timur Tengah itu.

Menurut Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Rikwanto, ancaman seperti yang diterima presiden itu belum tentu serius. Pasalnya, modus menebar ancaman ke tokoh penting biasa dilakukan kelompok teroris sebagai alat propaganda.

Rikwanto mengungkapkam, modus propaganda paling gampang adalah mengancam orang terkenal. "Seperti ke presiden, tidak usah banyak-banyak cukup satu-dua (SMS) saja," kata Rikwanto dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (22/3).

Menurutnya, modus itu biasanya bertujuan untuk menarik perhatian pemerintah dan media massaa. Dengan begitu, eksistensi kelompok teroris tersebut bisa terpublikasi secara luas tanpa harus keluar biaya.

Setelah eksistensi mereka diketahui publik, lanjut Rikwanto, diharapkan masyarakat tertarik untuk mencari tahu  dan akhirnya bergabung. "Jadi ini bagian dari strategi propaganda ISIS," lanjutnya.

Meski begitu, tambah Rikwanto lagi, bukan berarti Polri menganggap remeh ancaman terhadap kepala negara. Ditegaskannya, penelusuran kasus tersebut tetap dilakukan dengan sangat serius. "Pastinya tetap kita telusuri, tapi tentu secara proposional, tidak gegabah, tidak lebay," pungkasnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Isu mengenai aktivitas kelompok militan pendukung Negara Islam Irak Suriah (ISIS) di wilayah Indonesia makin terdengar santer belakangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News