JPNN.com

Polusi Udara Jakarta Masih Tinggi, Jaga Kondisi dengan 4 Cara ini

Rabu, 14 Agustus 2019 – 10:36 WIB Polusi Udara Jakarta Masih Tinggi, Jaga Kondisi dengan 4 Cara ini - JPNN.com
Polusi udara

jpnn.com - Polusi udara dapat menyebabkan serangkaian efek buruk pada kesehatan. Misalnya saja, sesak napas dan infeksi pernapasan. “Efek lainnya, paparan polusi bikin daya tahan tubuh menurun. Anda jadi rentan sakit,” ucap dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

Tips menjaga kondisi tubuh dari polusi udara
Jika sudah begini, warga Jakarta perlu waspada dalam menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kondisi Anda, yaitu:

1. Pakai masker
Pakai masker adalah salah satu cara pencegahan paling mudah untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang sering mengendarai motor atau banyak berkegiatan di luar ruangan. Menurut dr. Alvin Nursalim, Sp.PD dari KlikDokter, pilihlah masker yang memang bisa menjaga kesehatan pernapasan Anda.

"Untuk masker yang banyak digunakan seseorang untuk berkendara sebenarnya tidak terlalu ampuh. Ada sebenarnya masker yang namanya masker N95. Seperti namanya, masker ini menyaring 95% partikel dari udara. N95 ini sebenarnya lebih sering dipakai oleh tenaga medis," ujar dr. Alvin.

"Hanya saja, masker jenis ini karena saking rapatnya bisa membuat seseorang agak susah bernapas, sangat tidak nyaman dan pengap. Kalau dipakai rutin dalam jangka waktu lama, artinya oksigen yang kita hirup hanya sedikit," dr. Alvin melanjutkan.

Selain itu, sebaiknya Anda untuk tidak memakai jenis masker yang sekali pakai dan tidak dipakai berulang.

2. Menjaga pola makan sehat dan berolahraga teratur
Ini cukup klise, tapi menjaga kesehatan saat polusi udara seperti sekarang sangat penting untuk menjaga stamina dan imunitas tubuh Anda. Anda harus menjaga pola makan yang bergizi dan berolahraga secara teratur. "Dengan olahraga, sistem pertahanan tubuh manusia akan meningkat," kata dr. Alvin.

Kalau Anda biasanya berolahraga di luar ruangan, Anda bisa menggantinya untuk sementara olahraga di dalam ruangan, seperti gym, futsal, dan bulu tangkis. Selain itu, Anda perlu memilih waktu terbaik, misalnya pada pagi atau malam hari saat polusi mulai rendah.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...