PON Papua, BNPB & Satgas Covid-19 Kerahkan Ratusan Sukarelawan Prokes

PON Papua, BNPB & Satgas Covid-19 Kerahkan Ratusan Sukarelawan Prokes
BNPB dan Satgas Covid-19 tengah melatih ratusan sukarelawan protokol ksehatan (prokes) yang akan bertugas selama pelaksanaan PON XX Papua. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAYAPURA - BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional menyiagakan ratusan sukarelawan protokol kesehatan (prokes) jelang kompetisi 37 cabang olahraga di ajang PON XX Papua.

Langkah itu dilakukan BNPB dan Satgas Covid-19 mengingat prokes menjadi salah satu faktor penting dalam mencegah penularan virus Corona, termasuk selama pelaksanaan PON Papua pada 2-15 Oktober 2021.

Sebagai persiapan, sebanyak 123 sukarelawan dari berbagai lembaga mendapatkan peningkatan kapasitas sebelum bertugas di Kota Jayapura.

Sementara untuk wilayah lain, seperti Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika, Satgas Covid-19 juga bakal melibatkan lebih banyak sukarelawan.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan para sukarelawan yang hadir di sini untuk mendukung penerapan protokol kesehatan dan mencegah bersama-sama potensi lonjakan kasus Covid-19 jelang PON XX ini," kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi, di Jayapura, Jumat (24/9).

Menurut dia, tugas para sukarelawan antara lain membagikan masker kepada masyarakat umum, khususnya warga yang akan menyaksikan pertandingan olahraga di berbagai tempat penyelenggaraan PON Papua.

"Sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat guna mengurangi penyebaran virus Covid-19 selama penyelenggaraan PON," ucapnya.

Para sukarelawan juga akan ditugaskan pada enam gerai yang tersebar di tempat penyelenggaraan PON dan juga titik-titik yang berpotensi menimbulkan  berkerumunan.

BNPB dan Satgas Covid-19 tengah melatih ratusan sukarelawan prokes yang akan bertugas selama pelaksanaan PON Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News