PON XX Papua Jadi Tonggak Awal Sejarah E-Sport di Indonesia

PON XX Papua Jadi Tonggak Awal Sejarah E-Sport di Indonesia
Ketua Umum/Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Komjen Pol. Bambang Sunarwibowo saat jumpa pers PBESI menjelang ekshibisi e-sport PON XX Papua 2021. Foto: PBESI

jpnn.com, JAKARTA - Pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan menjadi tonggak awal bagi dunia e-sport Indonesia.

Meski hanya berstatus ekshibisi, pergelaran e-sport di PON Papua merupakan kali pertama ajang itu dipertandingkan secara resmi di Indonesia.

Rencananya pergelaran e-sport PON Papua akan berlangsung di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura 21-26 September 2021.

Ketua Umum/Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Komjen Pol. Bambang Sunarwibowo mengatakan pergelaran ekshibisi e-sports PON XX Papua 2021 memiliki misi dan makna yang luas.

Selain untuk mengembangkan dan menjadi barometer prestasi e-sport nasional. Pergelaran ekshibisi e-sport PON XX Papua diharapkan mendorong laju ekonomi kreatif digital yang digerakkan dengan makin bertumbuhnya industri pengembang gim lokal dan bisnis-bisnis kreatif lainnya yang terkait.

Tiga provinsi yaitu DKI Jakarta, Papua dan Papua Barat menjadi provinsi-provinsi yang meloloskan atlet-atletnya di keseluruhan kategori pertandingan.

“Ekosistem e-sport mencakup berbagai bidang, dari olahraga dan sportainment, industri digital seperti pengembang dan platform-platform gim, e-commerce, teknologi finansial, media, hingga pariwisata," kata Bambang dalam jumpa pers secara daring Selasa (21/9), 

“Melalui Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 yang kami gelar hingga 26 September nanti, kami ingin menyampaikan pesan kepada dunia tentang potensi besar industri e-sport Indonesia."

Pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan menjadi tonggak awal bagi dunia e-sport Indonesia.