Populer di Play Store, Aplikasi Anti-China Sudah Dihapus Google

Populer di Play Store, Aplikasi Anti-China Sudah Dihapus Google
Logo Google. Foto: Dedi Sofian/JPNN

jpnn.com - Google menghapus aplikasi seluler India dari Play Store, yang memungkinkan pengguna menghapus aplikasi asal Tiongkok dari ponsel mereka.

Aplikasi bernama "Remove China Apps" itu menjadi aplikasi gratis teratas di Play Store India, dengan lebih dari lima juta unduhan sejak akhir Mei.

Popularitas aplikasi tersebut meningkat di tengah seruan untuk memboikot aplikasi ponsel Tiongkok di India, dalam masa sengketa perbatasan Himalaya antara kedua negara.

Juru bicara Google mengonfirmasi kepada Reuters bahwa aplikasi tersebut telah dihapus karena melanggar kebijakan, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sementara itu, orang yang paham dengan masalah ini mengatakan bahwa perangkat lunak tersebut melanggar kebijakan Google, yang melarang aplikasi yang menghasut pengguna untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi pihak ketiga atau memodifikasi pengaturan atau fitur perangkat.

Aplikasi "Remove China Apps" memindai ponsel pengguna untuk aplikasi seperti TikTok milik ByteDance, dan UC Browser milik Alibaba.

Setelah dihapus, akan muncul pesan "Kamu luar biasa, tidak ada aplikasi China yang ditemukan."

Pengembang aplikasi tersebut OneTouch AppLabs tidak menanggapi permintaan komentar.

Google menghapus aplikasi seluler India dari Play Store, yang memungkinkan pengguna menghapus aplikasi asal Tiongkok dari ponsel mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News