Potensi Pasar Terbuka Lebar, KKP Dorong Industri Rumput Laut

Potensi Pasar Terbuka Lebar, KKP Dorong Industri Rumput Laut
Ilustrasi. Foto dok Kaltimpos/jpnn.com

jpnn.com - NATUNA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), terus berupaya untuk memajukan dan membangun pulau-pulau terdepan Indonesia. Salah satunya melalui Pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (PSKPT) di Kab. Natuna – Kep. Riau.

Salah satu komoditas unggulan perikanan, untuk meningkatkan perekonomian melalui PSKPT adalah rumput laut.

Berdasarkan data statistik sementara 2015, produksi rumput laut mencapai 9,9 juta ton atau mengalami kenaikan 18,84 persen per tahun dibandingkan 2011, yang produksinya mencapai 5,2 juta ton.

"Hal ini membuktikan bahwa rumput laut sangat bisa diandalkan sebagai sumber mata pencaharian masyarakat pesisir. Selain karena cara budidayanya yang cukup mudah dan murah, pasarnya masih terbuka lebar," ujar Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto.

Kabupaten Natuna, merupakan salah satu dari 15 Kabupaten terdepan yang menjadi propritas untuk dikembangkan menjadi PSKPT tahun ini.

“Hal ini sesuai dengan arahan Presiden RI dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti, untuk mendorong percepatan pengembangan ekonomi di Kab. Natuna, khususnya di sektor kelautan dan perikanan," terang Slamet. (chi/jpnn)

 


NATUNA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), terus berupaya untuk memajukan dan membangun pulau-pulau terdepan Indonesia. Salah satunya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News