PPPK Guru Tahap 2, Banyak Peserta Lulus Passing Grade Belum Bisa Cetak Kartu

PPPK Guru Tahap 2, Banyak Peserta Lulus Passing Grade Belum Bisa Cetak Kartu
Kartu peserta ujian dari guru honorer yang lulus passing grade PPPK tahap I belum berubah. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Ketum Forum Guru Honorer Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHNLPSI) Heti Kustrianingsih mengungkapkan pencetakan kartu ujian PPPK tahap II belum bisa dilakukan. Dia membenarkan sudah ada sebagian yang bisa mencetak kartunya, tetapi sebagian besar lagi belum bisa.

"Ini ada yang sudah bisa cetak kartu, sebagian lagi belum bisa termasuk saya," kata Heti kepada JPNN.com, Jumat (3/11).

Sesuai jadwal yang dikeluarkan Kemendikbudristek, jadwal cetak kartu ujian dimulai 2 sampai 5 Desember. Sedangkan ujiannya dimulai 7 sampai 10 Desember.

Yang disesalkan guru honorer, menurut Heti, prosesnya selalu dilakukan di malam hari.

"Pemerintah kok senangnya malam-malam ya. Dari kemarin (2/12) pagi ditunggu, eh malamnya baru nongol jadwalnya," ucapnya.

Dia dan kawan-kawannya juga memprediksi kartu ujian untuk mereka akan nongol malam ini. Heti yang memperoleh nilai passing grade tertinggi harus ikut seleksi PPPK tahap 2 karena tidak ada formasi untuknya.

Guru honorer di Kota Cilegon ini gundah karena mau tidak mau harus ikut tes lagi. Mereka akan beradu dengan guru honorer yang tidak lulus PPPK tahap I, guru swasta, dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG).

Dia juga membayangkan bila nanti lulus passing grade di seleksi PPPK tahap 2, formasi tidak ada lagi akan menimbulkan beban mental bagi mereka. 

Guru honorer yang lulus passing grade PPPK tahap I belum bisa mencetak kartu ujian PPPK guru tahap 2