Presiden Halimah: Kerja Sama Tripatrit Pemulihan Pasar Tenaga Kerja

Presiden Halimah: Kerja Sama Tripatrit Pemulihan Pasar Tenaga Kerja
Presiden Singapura Halimah Yacob membuka Pertemuan Regional ke-17 ILO Asia Pasifik di Singapura pada Selasa (6/12/2022). Foto: ANTARA/Yashinta Difa

jpnn.com - Presiden Singapura Halimah Yacob mengatakan kerja sama tripartit antara pemerintah, serikat pekerja, dan pengusaha adalah kunci pemulihan pasar tenaga kerja di Singapura dari dampak pandemi COVID-19.

“Tingkat kepercayaan yang tinggi di antara para mitra tripartit, yang dibangun selama bertahun-tahun, telah membantu kami dengan baik tidak hanya selama pandemi COVID-19, tetapi juga ketika kami menghadapi krisis di masa lalu,” kata Halimah ketika menyampaikan pidato pembukaan Pertemuan Regional ke-17 Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) Asia Pasifik di Singapura, Selasa.

Dia menyebut bahwa dialog yang dilakukan di antara mitra tripartit berperan penting dalam membantu pemerintah Singapura mengarahkan dukungan keuangan secara tepat sasaran, dengan memperluas Jobs Support Scheme.

Skema itu diperkirakan telah membantu menyelamatkan atau menciptakan 165.000 pekerjaan, setara dengan 7 penduduk yang bekerja, rata-rata selama tahun 2020 dan 2021. Akibatnya, tingkat pengangguran tetap rendah.

Selain itu, para mitra tripartit mengoordinasikan pekerjaan dan peluang pelatihan melalui paket Pekerjaan dan Keterampilan SGUnited, yang membantu warga Singapura untuk mengakses pekerjaan dengan cepat dan mempelajari keterampilan baru untuk tetap bekerja.

“Prioritas kami adalah mempertahankan pekerjaan dengan efisiensi hanya sebagai pilihan terakhir. Para mitra tripartit mengeluarkan pedoman pada awal pandemi untuk membantu pengusaha menerapkan langkah-langkah tersebut,” tutur Halimah.

Tahun ini, Dewan Pengupahan Nasional tripartit mendorong agar upah pekerja berupah rendah tumbuh lebih cepat, meskipun masih ada ketidakpastian ekonomi mengingat mereka paling terpengaruh oleh biaya hidup yang lebih tinggi.

Hal ini juga sejalan dengan komitmen komite tripartit untuk mengejar pertumbuhan inklusif di Singapura.

Presiden Singapura Halimah Yacob mengatakan kerja sama tripartit antara pemerintah, serikat pekerja, dan pengusaha adalah kunci pemulihan pasar tenaga kerja

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News