Presiden Jokowi Hanya Dianggap Sopan Soal Australia Gabung ASEAN

Presiden Jokowi Hanya Dianggap Sopan Soal Australia Gabung ASEAN
Presiden Jokowi Hanya Dianggap Sopan Soal Australia Gabung ASEAN

Laporan di halaman pertama di harian Australia, 'The Age', edisi Jumat (16/03/2018) menulis Jokowi Membuka Pintu untuk Asean. Tapi seorang pengamat politik menganggap respon Presiden Joko Widodo soal wacana bergabungnya Australia ke ASEAN hanyalah jawaban sopan gaya orang Jawa.

The Age menulis Presiden Jokowi telah memberikan dukungan kepada Australia untuk bergabung ASEAN yang dapat mengubah posisi strategis Australia di kawasan Asia Pasific.

Presiden Jokowi Hanya Dianggap Sopan Soal Australia Gabung ASEAN Photo: Dalam laporan The Age disebutkan Presiden Jokowi mendukung Australia masuk ASEAN. (Foto diambil dari halaman Facebook Jempol+)

Dalam wawancara yang diklaim ekslusif oleh The Age dengan Presiden Jokowi saat berada di Provinsi Banten, Presiden Jokowi mengatakan, "Sepertinya ide yang bagus".

Laporan yang ditulis oleh jurnalis James Massola dan Peter Hartcher tersebut menyebutkan adanya sinyal jika Presiden Jokowi ingin agar Australia memiliki peranan lebih besar di kawasan Asia Pasifik, khususnya di bidang pertahanan, perdagangan, dan keamanan.

The Age juga mengkonfirmasikan soal hal ini kepada PM Australia, Malcolm Turnbull.

"Saya tak sabar lagi untuk mendiskusikannya dengan Presiden Jokowi, jika ia mengemukakan hal ini. Kita akan menunggu untuk diajak," seperti yang diterjemahkan dari laporan The Age.

Sopan gaya orang Jawa

External Link: Respon pengamat soal laporan The Age

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News