Presiden SBY Surati Obama

Presiden SBY Surati Obama
Presiden SBY Surati Obama
   

JAKARTA 
- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) khawatir rencana aksi pembakaran Alquran oleh Terry Jones di Florida, AS, bisa merusak perdamaian dunia. Presiden juga khawatir kerukunan umat beragama di Indonesia terpengaruh aksi untuk memperingati tragedi 11 September tersebut.  Untuk itu, kemarin siang, SBY secara resmi berkirim surat kepada Presiden AS Barrack Obama untuk meminta agar aksi tersebut dicegah. "Presiden SBY mengingatkan Presiden Obama, bahwa aksi itu akan sangat memengaruhi perdamaian global," kata Staf Khusus Presiden bidang Informasi Heru Lelono .

   

Heru mengatakan, sebagai pemimpin negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sikap Presiden SBY sangat memengaruhi hubungan antarumat beragama. Surat presiden sekaligus juga menjadi sikap bangsa Indonesia yang menganggap aksi terorisme tidak terkait dengan agama.

   

Selama ini, kata Heru, Indonesia telah aktif memerangi aksi-aksi terorisme. Presiden SBY juga beranggapan bahwa tragedi 11 September juga tidak bisa dikaitkan dengan agama. "Jadi kalau untuk memeringati 911 (tragedi 11 September), di mana itu juga merupakan aksi terorisme yang besar, jangan dikaitkan dengan agama," kata Heru. Selain memerangi terorisme, lanjut Heru, Indonesia juga membuktikan bisa menyandingkan demokrasi dengan Islam.

   

Heru  menambahkan, surat Presiden SBY kepada Presiden Obama memiliki dua tujuan. Pertama, memberi peringatan kepada AS bahwa yang dilakukan oleh warganya bisa berdampak besar. Kedua, untuk menjaga kondisi kerukunan umat beragama di Indonesia sendiri.

    JAKARTA  - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) khawatir rencana aksi pembakaran Alquran oleh Terry Jones di Florida,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News