PRIMA Serukan RPP Otsus Harus Mampu Selesaikan Masalah Papua

PRIMA Serukan RPP Otsus Harus Mampu Selesaikan Masalah Papua
Ketua Umum DPP Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) Agus Jabo Priyono. Foto. Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) Agus Jabo Priyono menyerukan kepada pemerintah agar rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang Otsus Papua harus mampu menyelesaikan masalah Papua secara permanen.

Gus Jabo sapaan Ketum PRIMA mengingatkan kekhususan Papua tetap dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun, dia mengatakan Otsus Papua berbeda dengan Aceh yang aspirasi masyarakatnya diwadahi dalam partai lokal.

Menurut dia, kekhususan Papua adalah mewadahi kepentingan masyarakat Papua melalui kelembagaan suku dan marga melalui DPRK yang memiliki hak dan kewajiban sama dengan anggota DPRK yang dipilih melalui jalur Pemilu.

“Ini penting agar masyarakat Papua secara komprehensif terlibat dalam mengatur kehidupan mereka sendiri melalui DPRK,” ujar Gus Jabo, Rabu (29/9).

Gus Jabo mengaku partainya sudah mengusulkan kepada pemerintah tentang konsepsi politik guna menyelesaikan masalah Papua secara permanen dengan melibatkan masyarakat adat, suku dan marga dalam Dewan Perwakilan Rakyat Papua.

Oleh karena itu, Agus Jabo mengingatkan jangan sampai otsus mengulang kesalahan yang dilakukan pemerintah dan justru menjadikan konflik di Papua (Papua maupun Papua Barat) terus membara tanpa ada ujung.

Sebab, kata dia, pemerintah tidak menyelesaikan akar persoalan yaitu keadilan, kesejahteraan dan martabat masyarakat Papua.

“PRIMA siap duduk dan berdiri bersama saudara-saudari Papua maupun Papua Barat untuk terus berjuang menyelesaikan masalah yang ada,” tegas Gus Jabo.

Ketum PRIMA Agus Jabo Priyono menyerukan kepada pemerintah agar RPP Otsus harus mampu menyelesaikan masalah Papua secara permanen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News