Produk Sekuritisasi Pendapatan Tol Jagorawi Capai Rp 5,1 Triliun

Produk Sekuritisasi Pendapatan Tol Jagorawi Capai Rp 5,1 Triliun
Pembangunan jalan tol. Ilustrasi Foto: Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Inovasi alternatif pendanaan yang dilakukan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui penerbitan produk sekuritisasi pendapatan Tol Jagowari banjir peminat.

Produk sekuritisasi itu diterbitkan dengan nama KIK EBA Mandiri JSMR01-Surat Berharga Pendapatan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagowari) (“KIK EBA Mandiri JSMR01”), dengan PT Mandiri Manajemen Investasi dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang bertindak selaku Manajer Investasi dan Bank Kustodian serta PT Mandiri Sekuritas yang bertindak selaku Arranger.

Adapun hak atas pendapatan yang di-sekuritisasi adalah hak atas sebagian pendapatan ruas tol Jagorawi yang merupakan tol pertama di Indonesia dan salah satu ruas tol yang paling mature yang dimiliki oleh Jasa Marga.

Corporate Secretary PT Jasa Marga (Persero) Tbk, M Agus Setiawan mengatakan, melalui dukungan para stakeholder, produk ini mendapatkan apresiasi yang sangat positif dari publik.

Itu terlihat terlihat dari tingkat permintaan mencapai Rp 5,1 triliun atau 2,7 kali dari total nilai penerbitan.

"Hal ini juga mencerminkan minat yang tinggi dari para investor terhadap produk sekuritisasi ini," ucap Agus dalam siaran persnya di kantor BEI Jakarta, Kamis (31/8).

Pada produk sekuritisasi dimaksud, Jasa Marga selaku originator transaksi juga akan bertindak sebagai collection manager yang bertugas mengumpulkan pendapatan tol Jagorawi yang disekuritisasikan, dan mendistribusikannya ke KIK EBA Mandiri JSMR01.

Kemudian KIK EBA Mandiri JSMR01 akan mendistribusikan imbal hasil dan pokok investasi kepada para Pemegang Unit Penyertaan (Investor).

Dia juga memyampaikan, hingga Semester I Tahun 2017, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. telah mengoperasikan 15 jalan tol dengan total 600 km.

Inovasi alternatif pendanaan yang dilakukan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui penerbitan produk sekuritisasi pendapatan Tol Jagowari banjir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News