Produsen Swab Antigen Dalam Negeri Mampu Ekspor ke Mancanegara

Produsen Swab Antigen Dalam Negeri Mampu Ekspor ke Mancanegara
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) didampingi Komisaris PT Taishan Alkes Indonesia, Cahyadi Burhan (kiri) saat meresmikan ekspor perdana produk antigen dalam negeri ke Irlandia dan Thailand, di Jakarta, Selasa (7/9). Foto: dok. Taishan Alkes Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah memberikan dukungan terhadap produsen alat kesehatan lokal PT Taishan Alkes Indonesia yang membantu dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan selain membantu pemerintah dalam hal penyerapan tenaga kerja, produsen alkes dalam negeri juga mampu melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri.

"Kita sudah bisa memproduksi alat Swab Antigen hasil kerja keras anak bangsa,” kata Agus Gumiwang saat meninjau sekaligus meresmikan ekspor perdana produk antigen dalam negeri PT Taishan Alkes Indonesia ke Irlandia dan Thailand, Selasa (7/9).

Agus Gumiwang menilai ekspor yang dilakukan PT Taishan Alkes Indonesia adalah prestasi luar biasa bagi karya anak bangsa. "Artinya produknya bagus dan diterima mancanegara," ujarnya.

Dia juga mengapresiasi PT Taishan Alkes Indonesia yang sudah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 48 persen dalam komponen-komponen produksinya.

Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung penuh produsen alkes dalam negeri.

"Pemerintah akan selalu utamakan penggunaan produk dalam negeri. Jadi, kalau sudah ada produk dalam negeri yang TKDN lebih dari 40 persen

"Jadi, kalau sudah ada produk dalam negeri yang TKDN lebih dari 40 persen, pemerintah bisa mentake-down produk luar negeri dari e-catalog. Tetapi dengan syarat produk dalam negeri bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri,” tuturnya.

Pemerintah memberikan dukungan terhadap produsen swab antigen dalam negeri yang mampu ekspor ke mancanegara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News