Profesor Hikmahanto Ingatkan Indonesia Mewaspadai Strategi Singapura

Profesor Hikmahanto Ingatkan Indonesia Mewaspadai Strategi Singapura
Ilustrasi - Pakar hukum internasional Prof Hikmahanto Juwana. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan Indonesia perlu waspada dengan strategi Singapura terkait penandatanganan 3 perjanjian.

Tiga perjanjian antara RI-Singapura itu ialah persetujuan tentang penyesuaian batas wilayah informasi penerbangan Indonesia – Singapura (realignment Flight Information Region – FIR), perjanjian tentang ekstradisi buronan (Extradition Treaty), dan pernyataan bersama (Joint Statement) Menteri pertahanan RI dan Singapura tentang kesepakatan untuk memberlakukan perjanjian pertahanan 2007 (joint statement MINDEF DCA). 

Hikmahanto menyebutkan dua perjanjian terakhir pernah digagas pada masa Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2007, tetapi ditolak oleh DPR.

"Di Indonesia, dua perjanjian terakhir menjadi polemik mengingat Indonesia banyak dirugikan dalam perjanjian pertahanan, sementara keberlakuan keduanya dilakukan secara berkaitan atau tandem," kata Hikmahanto dalam keterangannya kepada JPNN.com, Kamis (27/1).

Dia juga menyebutkan pada masa pemerintahan Jokowi, pemerintah sangat agresif untuk mengambil kendali FIR di atas Kepulauan Riau dari Singapura yang merupakan janji Jokowi saat kampanye menjadi presiden pada periode pertama.

"Tentu Singapura tidak ingin menyerahkan kendali FIR ini dengan mudah. Oleh karena itu, kuat dugaan perjanjian untuk mengembalikan FIR ini dikaitkan dengan perjanjian pertahanan," jelasnya.

Dia menduga Singapura memiliki strategi bila perjanjian pertahanan bisa berlaku efektif maka Singapura bersedia untuk menyerahkan kendali atas FIR Kepulauan Riau ke Indonesia.

"Singapura telah berhitung secara cermat bahwa perjanjian pertahanan akan ditentang oleh publik bahkan oleh DPR," ujar Hikmahanto.

Guru besar hukum internasional UI Hikmahanto Juwana mengingatkan pemerintah Indonesia untuk mewaspadai strategi Singapura di balik perjanjian ekstradisi dan pengendalian FIR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News