Profesor Ini Sebarkan 'Virus' Unas Jujur

Profesor Ini Sebarkan 'Virus' Unas Jujur
Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) 70 Bulungan, Jakarta, Senin (1/4/). Foto : Ricardo

jpnn.com, YOGYAKARTA - Jelang ujian nasional (Unas), Pemerhati Pendidikan DIJ Prof Wuryadi sebarkan ‘virus’ kejujuran. Virus yang dimaksud, imbauan kepada pihak sekolah dan anak didik atau siswa, agar tidak menggunakan segala cara agar mendapat nilai bagus.

Sebab tujuan dari pendidikan, tak sekadar membentuk siswa menjadi lebih cerdas, tapi kepercayaan diri dan pembentukan karakter anak.

"Murid harus tetap belajar dan mengerjakan soal sesuai kemampuannya. Jangan curang, harus jujur apa adanya, sesuai kemampuan yang dimiliki,” tegas Wuryadi dilansir Radar Jogja (Grup JPNN.com), Sabtu (28/3).

Selain itu, masyarakat diminta tetap mengawasi sekolah dan guru. Pengawasan dianggap penting, karena kelulusan seorang siswa kini ada di tangan sekolah dan guru, bukan nilai unas seperti tahun-tahun sebelumnya. Jangan sampai, sekolah dan guru tidak transparan ketika memberikan nilai kepada anak didiknya yang dinyatakan lulus dan tidak lulus.

"Sekolah dan guru harus jujur. Sebab, guru dan sekolah, gerbang utama penentu kelulusan siswa," tandas Wuryadi.

Dia menegaskan, sebagai penentu kelulusan, sekolah dan guru harus bersikap jujur ketika akan memberikan nilai peserta didiknya. Jangan sampai,  sekolah dan guru tak jujur atas perolehan nilai yang akan diberikan ke-pada siswa.

"Guru juga jangan sampai menebar ancaman kepada anak didiknya. Jika ada guru yang mengancam siswanya, pasti akan menurunkan kepercayaan siswa, dan ini berbahaya untuk masa depan siswa tersebut,” ingat dosen UNY ini.

Wuryadi mengingatkan,  segala cara yang dilakukan untuk nilai bagus, sama saja dengan membohongi diri sendiri, dan pihak sekolah tidak perlu malu jika anak didiknya hanya ber-prestasi biasa-biasa saja.

Jelang ujian nasional (Unas), Pemerhati Pendidikan DIJ Prof Wuryadi sebarkan 'virus' kejujuran. Virus yang dimaksud adalah...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News