Profil Tim: Meksiko

Pembuktian Generasi Juara Dunia U-17

Profil Tim: Meksiko
MUDA - Skuad Meksiko saat kualifikasi PD 2010 lalu. Foto: AP.
MEKSIKO adalah negara paling berpengalaman - mungkin pula bisa disebut paling berprestasi - di kawasan Amerika Tengah dan Utara, atau yang berdasarkan asosiasinya dikenal dengan nama zona CONCACAF. Buktinya, sepanjang sejarahnya, 14 kali sudah negeri Sombrero ini maju ke putaran final Piala Dunia (PD). Bahkan dalam empat penyelenggaraan PD terakhir (di luar 2010) berturut-turut, Meksiko selalu hadir - walau hanya bisa maju sampai ke babak 16 besar. Hanya saja, prestasi terakhir mereka sejauh ini barulah sebagai perempat finalis, masing-masing di PD 1970 dan 1986 (dua-duanya dalam posisi tuan rumah, Red).

Tentunya, dengan keberadaan sedemikian rupa, harapan besar untuk gapaian prestasi lebih baik, kembali ada di ajang PD kali ini. Kendatipun mereka bakal bertarung di grup yang lumayan keras, yakni Grup A yang juga dihuni dua pemegang trofi PD, Prancis dan Uruguay, serta tuan rumah Afrika Selatan (Afsel). Lalu, sanggupkah kekuatan Meksiko saat ini menggapai harapan itu?

:TERKAIT Sebagaimana ditulis situs resmi PD 2010 di bawah koordinasi FIFA.com, berdasarkan line-up pemain yang kerap diturunkan pelatih Javier Aguirre belakangan, Meksiko bakal menjadi salah satu tim dengan skuad termuda di ajang tersebut. Menilik dari kesempatan yang telah diberikan kepada para pemain muda tersebut di sejumlah pertandingan El Tricolor (El Tri) - julukan Meksiko - dalam beberapa bulan terakhir, bahkan bisa diprediksi setidaknya tujuh pemain di bawah usia 25 tahun akan menjadi starting players menghadapi Afsel di pertandingan pembuka PD mendatang.

Ungkapan bahwa "jika mereka cukup baik berarti mereka sudah cukup senior (layak)" bisa dibilang berlaku di sini. Terutama terhadap nama-nama seperti kiper Guillermo Ochoa, Andres Guardado, Giovani dos Santos, maupun Carlos Vela. Tak diragukan, mereka bakal jadi bagian tim inti. Banyak media bahkan sudah kerap mengulas kemampuan mereka, kendati mereka sendiri baru berusia di bawah 25 tahun.

MEKSIKO adalah negara paling berpengalaman - mungkin pula bisa disebut paling berprestasi - di kawasan Amerika Tengah dan Utara, atau yang berdasarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News