JPNN.com

Profil Tim: Prancis

Senin, 12 April 2010 – 12:51 WIB Profil Tim: Prancis - JPNN.com
BERLATIH - Skuad Prancis saat menjalani salah satu sesi latihan di Clairefontaine. Foto: AFP/FIFA.com.
PRANCIS memasuki catatan baru dalam era kebangkitan persepakbolaan mereka, saat menuju ke Piala Dunia (PD) 2010 di Afsel kali ini. Sebelumnya, kendati sudah disegani dan punya nama terhormat sejak awal PD digelar, Prancis tak pernah benar-benar berprestasi - meski total sudah tampil di 12 edisi PD. Namun sejak 1998, ketika mereka menjadi tuan rumah dan merebut gelar juara dengan meyakinkan, orang jadi kembali memandang hormat tim dari negeri yang kaya dengan sejarah ini.

Les Bleus - julukan Prancis - bahkan belakangan membuat catatan mengesankan, dengan selalu tampil di putaran final PD. Hingga di edisi 2010, catatan mereka memasuki kali keempat berturut-turut tampil di PD - sesuatu yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya. Terlepas dari itu, negeri yang nama tokoh sepakbolanya dipakai sebagai nama trofi awal Piala Dunia - Jules Rimet - ini, kini telah berubah menjadi tim yang punya harapan besar dan difavoritkan untuk jadi juara, saban kali PD akan dimulai.

Sebagaimana ditulis FIFA.com, generasi pemain yang mencatatkan nama-nama macam Zinedine Zidane, Laurent Blanc, Didier Deschamps dan Fabien Barthez, pada akhirnya dicatat sebagai generasi yang memperbaharui kejayaan Prancis. Negeri ini memang bukannya tak punya tim yang bagus sebelumnya, dengan nama-nama terkenal seperti Michel Platini, Alain Giresse, Luis Fernandez, atau Jean Tigana di era 1980-an. Namun mereka memang selalu tak pernah lewat dari babak semifinal, sampai akhirnya Zidane dan kawan-kawan sukses mengangkat trofi kebanggaan itu pada 1998.

Berikutnya, kendati disebut mengalami penurunan standar pada edisi PD 2002 dan 2006, Prancis masih tetap berhasil menunjukkan bahwa mereka adalah salah satu tim terbaik dunia saat ini. Di PD terakhir di Jerman buktinya, mereka hanya takluk di final dalam adu penalti dengan Italia, di mana masa-masa membanggakan yang dibuat Zidane dan kawan-kawan nyaris terulang kembali saat itu. Kini, dengan generasi yang lebih baru, dengan nama-nama penuh bakat mulai dari Franck Ribery, hingga Karim Benzema dan Yoann Gourcuff, mereka siap untuk kembali coba membuktikan gengsi dan kekuatan itu lewat torehan prestasi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...