Program GP3K Tingkatkan Produksi Hasil Pertanian

Program GP3K Tingkatkan Produksi Hasil Pertanian
Ilustrasi. Foto Istimewa

jpnn.com - JAKARTA - PT Pupuk Indonesia, melalui anak usahanya PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang menggelar acara Panen Raya Gerakan Peningkatan Produksi Pangan berbasis Korporasi (GP3K) di Desa karang Rejo, Metro Utara Lampung, selasa (6/9).

Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia, Koeshartono mengatakan program GP3K di Metro lampung Raya yang dirintis sejak 2011 bertujuan untuk mensosialisasikan hasil dari penggunaan pemupukan berimbang kepada petani.

"Terbukti dengan program GP3K telah meningkatkan produktivitas hasil pertanian dari yang rata-rata sebelumnya 5.8 ton per hektar meningkat menjadi 6,6 ton per hektar," ujar Koeshartono.

Adapun luas sentra persawahan yang dijadikan area Panen Raya jenis padi Ciherang ini 105,5 Ha, dari total luas lahan Kota Metro sebesar 2.018 Ha. Saat ini sudah ada 12 Desa di Kota Metro yang bergabung dalam GP3K dengan jumlah peserta sebanyak 289 petani.

"Program ini terbukti membantu petani dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian dari rata-rata sebelumnya 5,8 ton/Ha menjadi 6,6 ton/Ha. Desa yang belum tergabung akan menjadi target binaan PT Pupuk Sriwidjaja selanjutnya," tuturnya.

“Kami berharap dengan adanya peningkatan hasil panen dalam program ini, akan memicu kelompok tani lainnya tertarik untuk menjadi peserta GP3K," imbuh Koeshartono. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT Pupuk Indonesia, melalui anak usahanya PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang menggelar acara Panen Raya Gerakan Peningkatan Produksi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News