JPNN.com

Program MS Kaban Dicabut Zulkifli Hasan

Rabu, 23 Desember 2009 – 20:03 WIB
Program MS Kaban Dicabut Zulkifli Hasan - JPNN.com
Program MS Kaban Dicabut Zulkifli Hasan
JAKARTA – Program 'one man one tree' yang dicanangkan Departemen Kehutanan (Dephut) di era Menhut MS Kaban, dinyatakan tidak berlaku lagi. Program itu dicabut dan diganti dengan program menanam minimal satu milyar pohon per tahunnya.

Hal itu ditegaskan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan saat berbicara pada acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI ke-38 di Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat, Rabu (23/12).  “Sekarang bukan lagi on man one tree tetapi sekurang-kurangnya kita harus menamam satu milyar per tahun,” katanya.

Perkiraan Zulkifli, satu milyar pohon pertahunnya itu akan ditanam di lahan seluas  satu juta hektar lahan, dengan perhitungan dalam satu hektarnya menampung seribu pohon. “Jadi pada tahun 2020 maka akan tertanam pohon sekurang-kurangnya 10 milyar pohon,” katanya.

Program itu menurut Zulkifli sebagai bentuk komitmen Indonesia mengurangi emisi karbon sebesar 26 persen sesuai dengan hasil KTT (COP) ke-15 Konvensi PBB tentang Perubaan Iklim di Kopenhagen, Denmark beberapa waktu lalu. “Insya Allah, tahun 2020, Indonesia bisa mengurangi emisinya sebesar 26 persen dari sektor kehutanan saja,” tambahnya. (awa/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo