Program TEKAD Berkontribusi Turunkan Kemiskinan Ekstrem di Manggarai

Program TEKAD Berkontribusi Turunkan Kemiskinan Ekstrem di Manggarai
Bupati Manggarai Herybertus G.L. Nabit di Kantor Bupati Manggarai mengatakan Program TEKAD berkontribusi untuk semua titik lokus, termasuk Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Dok. Kemendes PDTT

jpnn.com, RUTENG - Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) memiliki banyak kontribusi untuk semua titik lokus, termasuk Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Salah satunya dalam penurunan angka kemiskinan ekstrem hingga lebih dari 3 persen.

“Saya bersyukur Pemkab Manggarai tidak sendirian, ada banyak pihak yang banyak membantu termasuk Kemendes PDTT termasuk IFAD sedikit banyak pasti membantu kami dalam penanggulangan kemiskinan maupun kemiskinan ekstrem,” ujar Bupati Manggarai Herybertus G.L. Nabit di Kantor Bupati Manggarai, kemarin.

Herybertus menyampaikan kemiskinan ekstrem pada tahun 2022 sebanyak 6 persen dengan angka absolut 23.000 KK. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2021, total kemiskinan ekstrem mencapai 9,7 persen dengan 32.000 angka absolut.

Perubahan positif ini terjadi selama tiga tahun terakhir, bertepatan dengan keterlibatan IFAD melalui program TEKAD di NTT.

Selain penurunan kemiskinan ekstrem, kehadiran program ini juga bermanfaat dalam pertumbuhan ekonomi.

Lebih lanjut Bupati Hybertus menjelaskan pentingnya program IFAD untuk Kabupaten Manggarai dari berbagai sektor. Di antaranya adalah kesamaan fokus dalam kolaborasi antarkeduanya.

“Isu gender, disabilitas kita (Kabupaten Manggarai dan IFAD) berada di jalur yang sama karena kita sangat mengerjakannya dengan serius," ujar Bupati Herybertus.

Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) memiliki banyak kontribusi untuk semua titik lokus, termasuk Kabupaten Manggarai Provinsi NTT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News