JPNN.com

Program TOSS Bupati Klungkung Patut Dicontoh Kepala Daerah Lainnya

Kamis, 28 Maret 2019 – 09:37 WIB Program TOSS Bupati Klungkung Patut Dicontoh Kepala Daerah Lainnya - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bupati Klungkung Bali I Nyoman Suwirta sukses menjalankan program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) di daerahnya. Program ini merupakan kerja sama antara STT PLN serta Indonesia Power.

"Awalnya bukan perkara mudah dalam menjalankan TOSS ini, tapi saya optimistis dan yakin bahwa program ini bisa berjalan dengan sukses. Bahkan saat ini TOSS bisa menghasilkan prestasi dan dijadikan pembelajaran untuk kepala daerah lainnya dan akademisi yang sedang melakukan riset," kata Bupati Suwirta saat jadi pembicara dalam acara Electricity Forum 2019 yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Jakarta, Rabu (27/3).

TOSS merupakan program olah sampah menjadi energi alternatif. Pada proses pengolahannya TOSS melakukan beberapa tahap. Suwirta menjelaskan, proses pertama yang dilakukan adalah pengumpulan sampah, peuyeumisasi dan briketisasi.

Peuyeumisasi adalah teknik mengubah sampah menjadi gas menggunakan alat bio aktivator. Kemudian gas tersebut digunakan sebagai bahan bakar menggerakkan generator untuk memproduksi listrik. Sementara briketiasi adalah teknik mengubah sampah menjadi bahan bakar briket.

BACA JUGA: Ganti Rugi Lahan Tol Malang – Pandaan, Warga Minta Rp 25 Juta per Meter

Bersama program TOSS Bupati Klungkung juga ingin mengembangkan riset-riset mahasiswa agar tidak menjadi sekedar jurnal riset.

“Kami mendukung kerja sama dengan perguruan tinggi, karena saya tidak mau penelitian akademisi menjadi jurnal atau sekadar riset saja dan tidak keluar untuk diaplikasikan. Saya ingin penelitian di perguruan tinggi itu menjadi eksekutor dan kami selaku pemerintah bisa menjadi fasilitator," tambah Bupati Suwirta.

Bupati berharap dengan program TOSS ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan persoalan sampah. Pemerintah pusat juga bisa menginventarisir untuk program-program skala nasional lainnya. Ini agar program seperti TOSS ini tidak hanya menjadi usaha lokal tapi bisa menjadi skala nasional.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...