JPNN.com

Proyek Pembangunan Bandara Singkawang Ditawarkan ke Investor Swasta

Selasa, 08 Oktober 2019 – 10:50 WIB Proyek Pembangunan Bandara Singkawang Ditawarkan ke Investor Swasta - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Proyek pembangunan Bandara Singkawan, Kalimantan Barat mulai ditawarkan ke investor swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau Public Private Partnership (PPP).

“Dengan wilayah Indonesia yang begitu luas dan APBN yang terbatas, dibutuhkan peran serta investor dari swasta baik dalam negeri maupun luar negeri untuk turut serta membangun infrastruktur transportasi di Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin (7/10) bertempat di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Jakarta kemarin.

Budi menjelaskan, proyek pembangunan Bandara Singkawang merupakan proyek pembangunan bandara pertama di Indonesia yang menggunakan skema KPBU sejak awal pembangunan.

“Sebelumnya, KPBU dilakukan juga pada proyek pengembangan Bandara di Labuan Bajo. Bandaranya sudah kami bangun, baru setelah itu dikerjasamakan dengan skema KPBU untuk pengembangannya. Tetapi kalau Bandara Singkawang ini mulai dari nol, dan ini bisa dijadikan contoh daerah lain,” tutur Budi.

Kota Singkawang merupakan kota terbesar kedua di Kalimantan Barat dan merupakan kota pariwisata, perdagangan dan jasa. Kota singkawang terletak strategis di pesisir utara Kalimantan Barat dan berbatasan dengan Kab. Sambas di sebelah utara, berbatasan dengan Kab. Bengkayang di sebelah Selatan dan Timur, serta perbatasan dengan Laut Cina selatan atau Laut Natuna di sebelah baratnya.

Jumlah wisatawan di Singkawang terus meningkat karena ada beberapa event nasional dan internasional yang secara rutin diselenggarakan di Kota Singkawang seperti Festival Cap Gomeh dan Naik Dango.

Event keagamaan masyarakat Tiong Hoa yang dikenal dengan sembahyang kubur atau cheng beng yang dilaksanakan etnis tiong hoa sebanyak dua kali setahun.

Dalam acara Market Sounding ini, hadir sebanyak 189 perusahaan baik dari dalam maupun luar negeri yang merupakan pelaku usaha yang sudah mempunyai pengalaman di bidang transportasi udara.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...