Proyek Rp 234 Triliun Tunggu Swasta

Investor Dibantu Pengadaan Lahan dan Insentif Pajak

Proyek Rp 234 Triliun Tunggu Swasta
Proyek Rp 234 Triliun Tunggu Swasta
JAKARTA – Pemerintah menawarkan 13 proyek senilai USD 27,52 miliar atau sekitar Rp 233,92 triliun melalui skema public private partnership (PPP) alias kerja sama pemerintah-swasta. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana mengatakan, proyek dengan skema PPP telah menuai banyak kemajuan. Salah satu indikatornya, lima proyek yang ditawarkan tahun lalu sudah siap dijalankan.

"Dari tahun ke tahun ada progres dan semakin lama progresnya semakin cepat," kata Armida dalam peluncuran PPP Project Plan Book 2011 di Kantor Bappenas, Jakarta, Kamis (9/6).

Secara umum, tahun ini Bappenas menawarkan 79 proyek PPP senilai USD 53,4 miliar. Selain 13 proyek baru yang siap ditawarkan, ada 21 proyek prioritas senilai USD 10,38 miliar dan 45 proyek potensial senilai USD 15,5 miliar.

Armida mengakui, saat ini masih banyak proyek yang terhambat karena belum beresnya pengadaan lahan. Dia berharap masalah itu bisa dituntaskan setelah pembahasan RUU Pengadaan Lahan diputus DPR. RUU itu ditargetkan selesai pada Juli. "Kami harap sesegera mungkinlah," katanya.

JAKARTA – Pemerintah menawarkan 13 proyek senilai USD 27,52 miliar atau sekitar Rp 233,92 triliun melalui skema public private partnership

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News