PSBB Tidak Efektif, Keadaan Akan Seperti Ini Terus

PSBB Tidak Efektif, Keadaan Akan Seperti Ini Terus
Ilustrasi lockdown di masa pandemi corona. Foto: pixabay

jpnn.com, CIANJUR - Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr. Yusman Faisal mengaku pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) belum efektif.

Ia menilai, mesti diperlukan kerja sama lebih antar-stakeholder. Seperti dari TNI/Polri, dan seluruh unsur terkait, harus ada ketegasan dalam bertindak, jika memang kondisi di tengah-tengah masyarakat terus ramai.

“Kadang-kadang jalur utama ditutup, tapi jalan alternatifnya dibuka. Kalau mau ya lebih tegas lagi, dengan cara ditutup semua,” ujarnya dilansir radarcianjur.com, Kamis (21/5).

Kendati begitu, pihaknya pun belum bisa memastikan kapan aturan tegas akan diberlakukan di Cianjur ini.

Karena memang tergantung juga terhadap instansi terkait khususnya pihak Kepolisian, yang berwenang mengatur lalu lintas di jalan.

“Kalau surat edaran Bupati kan sudah jelas, bahwa jalur-jalur yang ditutup itu sudah ditentukan. Namun mungkin karena di momentun Ramadan dan jelang Lebaran ini jadi di jalan-jalan masih ramai,” katanya.

Selain itu, dengan adanya tren penambahan positif Covid-19 di tengah PSBB Cianjur, menurut Yusman, penerapannya dinilai sangat tidak efektif.

Bahkan ia menyebut, akan segera ada evaluasi terkait pemberlakuan PSBB yang selama ini telah berjalan.

Diperlukan kerja sama lebih antar-stakeholder, seperti dari TNI/Polri, dan seluruh unsur terkait selama penerapan PSBB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News