PSN Harus Berdampak pada Pertumbuhan Ekonomi Sumbar

PSN Harus Berdampak pada Pertumbuhan Ekonomi Sumbar
Presiden Jokowi. Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, PADANG - Presiden Joko Widodo mengatakan berbagai proyek strategis nasional (PSN) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) harus memberi kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat Bumi Minang.

Ini disampaikan Jokowi-sapaan presiden ketika membuka rapat terbatas membahas evakuasi PSN dan program prioritas di Sumbar, di kantor kepresidenan Jakarta, Rabu (2/8).

Salah satu proyek strategis yang ada di Sumbar adalah jalan Tol Bukittinggi -Padang Panjang - Lubuk Alung sepanjang 80 km. Kemudian Tol Pekanbaru-Bangkinang-Payakumbuh-Bukittinggi sepanjang 185 km.

"Program strategis nasional ini sangat penting untuk mendorong percepatan pembangunan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat dan sekitarnya, sehingga implementasinya harus betul-betul dikawal di lapangan," kata Jokowi.

Dalam rapat yang dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Jokowi berpesan pemanfaatan PSN di Sumbar harus dioptimalkan bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat.

"Saya ingin menegaskan lagi bahwa keberadaan PSN harus betul-betul memiliki dampak dirasakan manfaatnya dalam mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. Provinsi Sumatera Barat dalam catatan saya triwulan satu 2017 tumbuh 4,91 persen, cukup baik," jelas mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Di sisi lain, PSN bisa menjadi pengungkit dalam upaya penurunan angka pengangguran, menekan ketimpangan, mengurangi kemiskinan.

"Harus dilihat sejauh mana implementasi program-program tersebut bisa menyentuh 6,87 persen penduduk prasejahtera, penduduk miskin di Sumatera Barat dan juga bisa menurunkan pengangguran terbuka yang masih berada pada angka 5,8 persen,” tambahnya.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo mengatakan berbagai proyek strategis nasional (PSN) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) harus memberi kontribusi bagi kesejahteraan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News