PT PP Rampungkan Pembangunan Ruas Tol Danowudu-Bitung, Akses Menuju KEK Makin Mudah

PT PP Rampungkan Pembangunan Ruas Tol Danowudu-Bitung, Akses Menuju KEK Makin Mudah
Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara pada Jumat (25/2). Foto dok PT PP

jpnn.com, MANADO - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan pengoperasian Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara pada Jumat (25/2).

Di mana PT PP telah berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Tol Manado-Bitung Seksi 2B Danowudu-Bitung, sepanjang 13,65 kilometer.

Jalan Manado-Bitung merupakan tol pertama yang dimiliki oleh Provinsi Sulawesi Utara, yang berlokasi di Kabupaten Minahasa Utara, Kota Manado.

Pada 2020 lalu, PT PP telah merampungkan pembangunan Tol Manado-Bitung untuk Seksi Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer, yang juga diresmikan secara virtual oleh Presiden RI.

“PT PP bangga bisa menuntaskan pekerjaan pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Danowudu-Bitung setelah pada 2020 lalu perusahaan juga telah menyelesaikan Seksi 2A Manado-Danowudu," ujar Direktur Utama PT PP Novel Arsyad.

Novel menjelaskan proyek pembangunan tol ini memiilki nilai kontrak sebesar Rp 3,18 triliun untuk pekerjaan seksi II.

Jalan tol ini dimiliki oleh perusahaan BUJT, yang bernama PT Jasamarga Manado Bitung, di mana susunan kepemiikannya terdiri dari PT Jasa Marga sebesar 65%, PT Wijaya Karya sebesar 20%, dan PT PP sebesar 15%.

Dengan telah dituntaskan dan diresmikannya jalan tol tersebut, Jalan Tol Manado-Bitung telah terhubung secara penuh dengan total lintasan sepanjang 39,8 kilometer dan menjadi jalan tol terpanjang di Pulau Sulawesi.

Tol Manado-Bitung merupakan tol pertama yang dimiliki oleh Provinsi Sulawesi Utara yang berlokasi di Kabupaten Minahasa Utara, Kota Manado.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News