PU Klaim Sabang Bebas Banjir

PU Klaim Sabang Bebas Banjir
PU Klaim Sabang Bebas Banjir
JAKARTA - Sudin Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Pusat mengklaim bahwa sejumlah kawasan yang telah dilakukan perbaikan drainase akan terbebas dari banjir ketika musim pada tahun 2011. Kawasan dimaksud yakni Jalan Pangeran Jayakarta (Kelurahan Mangga Dua Selatan) dan Kawasan Jalan Sabang-Wahid Hasyim (Kelurahan Menteng).

Janji tersebut menimbulkan sikap optimistis, lantaran pada tahun 2010 telah dilaksanakan penanggulangan banjir dan genangan air berupa pembuatan crossing, normalisasi saluran penghubung (Phb), serta membangun rumah pompa di kedua ruas jalan tersebut. Kasudin PU Tata Air Jakarta Pusat, Agus Priyono menegaskan, selama ini terdapat 111 titik daerah rawan genangan. Seluruhnya tersebar di delapan kecamatan. Namun titik genangan yang paling parah di tiga kawasan tersebut. Bahkan genangan di Jalan Pangeran Jayakarta telah berlangsung selama tujuh tahun.

"Jalan Pangeran Jayakarta hampir seluruhnya digenangi air yang meluap dari saluran akibat rob. Sedangkan di Jalan Sabang-Wahid Hasyim jika hujan deras terjadi genangan hingga setinggi dada orang dewasa. Sekarang telah ditanggulangi. Namun hasilnya belum teruji karena hingga kini belum terjadi hujan deras sebagaimana pada tahun-tahun lalu," ujar Agus.

Untuk mengatasi genangan di Jalan Pangeran Jayakarta juga dibangun rumah pompa di Jalan Pangeran Jayakarta dengan pompa sebanyak 3 unit berkekuatan masing-masing 0,5 m kubik perdetik. Juga di Jalan Mangga Besar XIII sebanyak 3 pompa berkekuatan 0,8 m kubik perdetik dan 0,130 m kubik atau 130 liter perdetik.

JAKARTA - Sudin Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Pusat mengklaim bahwa sejumlah kawasan yang telah dilakukan perbaikan drainase akan terbebas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News