Puan Maharani Sebut P20 Sangat Strategis, Berikan Dampak Nyata

Puan Maharani Sebut P20 Sangat Strategis, Berikan Dampak Nyata
Ketua DPR RI, Puan Maharani menyatakan agenda P20 sangat strategis dan memberikan dampak yang nyata saat prmbukaan The 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/10) Foto: tangkapan laya kanal DPR RI di Youtube

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan pertemuan The 8th G20 Parliamentary Speakers Summit (P20) sangat strategis untuk memberikan dampak nyata bagi negara G20 dan dunia.

Hal itu disampaikan Puan saat memberikan sambutan pada pembukaan P20 Tahun 2022 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, (7/10)

"Pertemuan P20 menjadi sangat strategis karena G20 menguasai 85 persen ekonomi dunia dan memiliki 65 persen penduduk dunia. Sehingga, aksi konkret G20 akan membawa dampak dan manfaat nyata, tidak hanya untuk G20, tetapi juga untuk dunia," kata Puan. 

Dia menjelaskan P20 bertujuan untuk menggalang kerja sama antarparlemen dalam mendukung agenda dan implementasi kesepakatan G20, khususnya dalam kerangka pemulihan global, pencapaian agenda pembangunan berkelanjutan 2030, dan mengatasi berbagai tantangan global lain.

"Dunia baru saja menghadapi pandemi dan setiap negara sedang menjalankan pemulihan sosial dan ekonomi dari dampak pandemi tersebut," lanjutnya.

Menurut mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu, kondisi perekonomian global saat ini menempatkan setiap negara berada dalam kerentanan tinggi.

Hal itu ditandai dengan lonjakan inflasi, respons kebijakan moneter, perlambatan ekonomi, konflik geopolitik, serta meluasnya stagflasi.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlanjut pada tahun 2023," jelasnya. 

Ketua DPR RI, Puan Maharani menyatakan agenda P20 sangat strategis dan memberikan dampak yang nyata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News