Puncak Arus Balik, 130 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta

Puncak Arus Balik, 130 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta
Puncak arus balik mudik lebaran ke arah Jakarta menimbulkan kemacetan di beberapa titik. Salah satunya tampak terlihat di Pantura Kendal, Sabtu (1/7) pagi. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com - Jasa Marga menyebutkan ada peningkatan sebanyak 82 persen volume kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama menuju Jakarta pada Selasa (19/6) malam.

Ketika itu tercatat 130.125 kendaraan yang melintas. Padahal ketika normal biasanya hanya dilintasi 71.398 kendaraan.

"Ini merupakan jumlah tertinggi arah Jakarta yang pernah dilayani Jasa Marga melalui GT Cikarang Utama," kata Dwimawan Heru selaku AVP Corporate Communication Jasa Marga, Rabu (20/6).

Heru menambahkan, untuk menghadapi tingginya volume kendaraan, Jasa Marga mengoptimalkan kapasitas transaksi di GT Cikarang Utama arah Jakarta.

Biasanya Jasa Marga hanya mengoperasikan 29 gardu, namun kemarin menjadi 33 gardu.

"Keberhasilan Jasa Marga dalam melayani arus balik kali ini juga didukung penuh oleh pihak Kepolisian yang terwujud dalam rekayasa lalu lintas untuk meningkatkan kapasitas lajur dengan contraflow dan one way,” imbuh dia.

Heru menambahkan, secara keseluruhan volume lalu lintas arus balik sejak H+1 hingga H+3 Lebaran adalah sejumlah 336.706 kendaraan.

"Jumlah ini naik sebesar 57 persen dari jumlah lalu lintas normal 214.195 kendaraan," terangnya. (mg1/jpnn)


Jasa Marga menyebutkan ada peningkatan sebanyak 82 persen volume kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama menuju Jakarta pada Selasa (19/6) malam.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News