Puncak KTT ASEAN, Pengamanan Super-Ketat

Karo Ops Polda Metro: Sejauh Ini Lancar dan Aman

Puncak KTT ASEAN, Pengamanan Super-Ketat
AMAN - Karo Ops Polda Metro Jaya Kombespol Sudjarno, ketika diwawancarai wartawan beberapa saat jelang pembukaan resmi KTT ASEAN ke-18 di JCC, Jakarta, Sabtu (7/5) pagi. Foto: Arsito/JPNN.
JAKARTA - Ajang KTT ASEAN ke-18 yang sebenarnya (dalam arti pertemuan para kepala negara, Red) resmi dimulai hari ini, Sabtu (7/5). Pertemuan tingkat tinggi ini sendiri akan berlangsung selama dua hari, hingga Minggu (8/5) besok.

Sehubungan dengan itu, pengamanan di kawasan DKI Jakarta pada umumnya maupun di kawasan sekitar JCC (Jakarta Convention Center) di Senayan khususnya, pun diberlakukan lebih ketat. Ini juga diiringi dengan penutupan beberapa ruas jalan sejenak, ketika para kepala negara lewat di jalan umum, hingga keberadaan patroli rutin mulai dari via kendaraan roda dua dan roda empat, sampai helikopter polisi.

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Metro Jaya, Kombespol Sudjarno, yang sempat dijumpai wartawan di halaman depan JCC, Sabtu (7/5) pagi, beberapa saat menjelang momen pembukaan KTT, menyebut bahwa pihaknya saja menurunkan tak kurang dari 6.000 personil pengamanan. "Ada 6.138 personil yang ditugaskan untuk mengamankan jalannya KTT ASEAN," ujar Sudjarno.

Personil dengan jumlah sebanyak itu, menurut Sudjarno pula, memang tidak semuanya ditempatkan di seputar lokasi pelaksanaan KTT (JCC). Melainkan, mereka juga disebar di berbagai titik lokasi vital di Jakarta, antara lain seperti Bundaran HI, kawasan Semanggi, jalan-jalan utama dan lain sebagainya.

JAKARTA - Ajang KTT ASEAN ke-18 yang sebenarnya (dalam arti pertemuan para kepala negara, Red) resmi dimulai hari ini, Sabtu (7/5). Pertemuan tingkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News