Puting Beliung Bogor: Rusak Berat Rp 11 Juta, Ringan 5 Juta

Puting Beliung Bogor: Rusak Berat Rp 11 Juta, Ringan 5 Juta
Daerah terdampak puting beliung Bogor. Foto: diambil dari Metropolitan

jpnn.com, BOGOR - Pemerintah Kota Bogor telah menyiapkan bantuan untuk warganya yang menjadi korban puting beliung, Kamis (6/12) lalu.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengungkap, dalam rapat koordinasi (rakor) penanganan bencana di Balai Kota Bogor, Jumat (7/12) diketahui ada 1.697 unit rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung.

“Ada delapan kelurahan yang terdampak, yaitu Batutulis, Lawanggintung, Pamoyanan, Cipaku, Ranggamekar, Sukasari, Baranangsiang dan Babakanpasar. Estimasi kerusakan rumah akibat bencana puting beliung kemarin bertambah jadi 1.697 unit,” ungkap Bima seperti dikutip dari Metropolitan.

Dia mengatakan, lokasi terparah ada di Kelurahan Batutulis sebanyak 472 unit rumah rusak, dengan 280 unit di antaranya rusak berat. Kemudian di Pamoyanan 452 unit, dengan 250 di antaranya rusak berat. Lalu di Cipaku 224 unit, Babakanpasar 178 unit, Sukasari 139 unit, Lawanggintung 112 unit, Ranggamekar 65 unit dan Baranangsiang 55 unit.

“Saya instruksikan untuk rekan-rekan di wilayah melakukan pendataan rumah tersebut sesuai kategori, yang mana rusak berat, sedang dan ringan. Harus by name by address. Cek juga status kepemilikan tanah agar tidak terjadi masalah baru,” ujar Bima.

Dia menambahkan, saat ini Pemkot Bogor memiliki anggaran sekitar Rp 6 miliar yang bisa digunakan untuk tanggap darurat bencana. “Akan dikoordinasikan dulu terkait penggunaannya. Prioritas sekarang adalah menyediakan kebutuhan sandang pangan, kesehatan dan kebutuhan air bersih warga. Kami juga instruksikan Dinsos dan BPBD membuka dapur umum,” jelasnya.

Pemkot juga sudah membuka Posko Bantuan di eks PT IMI Cipaku untuk wilayah Bogor Selatan, kantor Kecamatan Bogor Timur di Jalan Raya Pajajaran untuk wilayah Bogor Timur dan di kantor Kelurahan Babakanpasar untuk wilayah Bogor Tengah.

Selain itu, pihaknya juga membuka partisipasi warga untuk meringankan beban keluarga korban bencana puting beliung berupa pakaian, baju sekolah, terpal, selimut, obat, pampers, pembalut, karpet, sembako dan bantuan tunai melalui rekening Dinsos Kota Bogor yang akan segera diumumkan.

Pemkot Bogor melakukan pendataan rumah yang rusak akibat puting beliung dengan cara by name by address serta cek status kepemilikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News