Putri Habibie Ajari Ibu-ibu PKK Membuat Kreasi Makanan dari Ikan Patin

Putri Habibie Ajari Ibu-ibu PKK Membuat Kreasi Makanan dari Ikan Patin
Putri Habibie merayakan Hari Gizi dan Makanan Nasional 2022. Foto: Yayasan Berdaya Putri Habibie

jpnn.com, BANDUNG BARAT - Penulis buku resep masakan Putri Habibie merayakan Hari Gizi dan Makanan Nasional 2022 dengan melakukan penyuluhan gizi dan kelas praktik memasak berbahan dasar hasil budidaya ikan lokal.

Dia melakukan kegiatan ini bersama kelompok ibu PKK di Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program utama Yayasan Berdaya Putri Habibie yang bertajuk Pangan Lokal Bergizi (PLB).

Putri menjelaskan ikan patin termasuk jenis yang memiliki kandungan gizi tinggi dan mudah diperoleh masyarakat, khususnya di Desa Ciroyom.

Menurut Tabel Komposisi Pangan Indonesia yang disusun Kementerian Kesehatan pada 2017, terdapat 132 kalori, 17 gram protein, 6,6 gram lemak, dan 1,1 gram karbohidrat dalam 100 gram ikan patin.

"Teman-teman di berbagai daerah tertarik untuk mengikuti program Pangan Lokal Bergizi, yang mencakup penyuluhan gizi dan kelas praktik memasak menggunakan bahan pangan lokal," kata Putri, Rabu (26/1).

Dia mengaku ingin fokus mengupayakan peningkatan literasi gizi masyarakat serta memperkenalkan resep makanan yang kaya gizi mudah diaplikasikan.

Melalui pembuatan kreasi makanan dari bahan dasar ikan patin, Putri ingin memberi inspirasi nutrisi yang baik dan dapat diperoleh dengan bahan pangan lokal yang murah.

Penulis buku resep masakan Putri Habibie merayakan Hari Gizi dan Makanan Nasional 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News