Radikalisme Dibendung dengan Empat Pilar

Radikalisme Dibendung dengan Empat Pilar
Radikalisme Dibendung dengan Empat Pilar
JAKARTA-- Peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) 2011 akan dijadikan momen untuk memerangi gerakan radikalisme yang belakangan mulai marak.  Penguatan pendidikan karakter akan dicanangkan sebagai gerakan nasional untuk membendung melubernya radikalisme yang dianggap sudah pada taraf serius.

Sekretaris Jenderal Kemdiknas, Dodi Nandika mengatakan, pendidikan karakter tersebut tidak hanya untuk membangun karakter kemuliaan sebagai bangsa, tapi membangun karakter yang bertumpu pada kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa dan negara dengan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Maka dari itu, mulai tahun ajaran 2011/2012 pendidikan berbasis karakter akan dijadikan gerakan nasional, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai dengan perguruan tinggi, termasuk pendidikan non formal dan informal," ungkap Dodi di Gedung Kemdiknas, Jumat (28/4) sore.

Dodi yang juga merupakan ketua panitia peringatan Hardiknas ini mengungkapkan, peringatan Hardiknas yang mengusung tema pendidikan karakter ini juga dalam rangka mengantisipasi serangan faham radikalisme yang tengah berkembang di beberapa perguruan tinggi besar di Indonesia.

JAKARTA-- Peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) 2011 akan dijadikan momen untuk memerangi gerakan radikalisme yang belakangan mulai marak. …