JPNN.com

Ragunan dan TMII Dibanjiri Pengunjung

Senin, 05 Juli 2010 – 11:26 WIB Ragunan dan TMII Dibanjiri Pengunjung - JPNN.com
JAKARTA - Mengisi liburan panjang sekolah, salah satu kunjungan favorit warga Jakarta dan sekitarnya adalah Taman Marga Satwa Ragunan. Selain murah meriah, berwisata ke kebun binatang tersebut juga bisa disisipi wisata edukasi bagi anak-anak.

Karena demikian banyaknya minat pengunjung, akibatnya akses jalan menuju Ragunan macet total. Termasuk busway koridor VI rute juga nyaris tidak bisa beroperasi karena kepadatan kendaraan yang menuju Ragunan. Kemarin, pengunjung yang menuju kawasan di selatan Jakarta tersebut mencapai 70 ribu orang.

Menurut pegawai promosi dan pameran Kebun Binatang Ragunan, Wahyudi Bambang, pada Sabtu lalu, pengunjung Ragunan mencapai 20 ribu. Jumlah itu meningkat tajam pada hari Minggu (4/7) yang mencapai 70 ribu orang. Jumlah itu tentunya meningkat tajam jika dibanding jumlah pengunjung pada hari biasa yang hanya mencapai tiga ribu orang. ”Untuk antisipasi itu petugas keamanan, kebersihan dan lahan tambahan untuk lapangan parkir kendaraan pribadi roda dua dan empat,” katanya.

Dia menambahkan, pada Sabtu kemarin, ada suguhan parade pawai satwa seperti harimau, kuda, gajah, onta dan ular. Minggu kemarin juga ada gebyar pentas seni, diikuti lomba mewarnai oleh peserta anak-anak. Tak hanya itu, dalam menyambut liburan sekolah, pihaknya telah menyediakan fasilitas tambahan seperti gajah tunggang, onta dan kuda.”Kita senang anak-anak dapat melihat keindahan di ragunan,” tukasnya. Dikatakan, setiap akhir pekan, pihaknya selalu menyiapkan variasi-variasi hiburan bagi pengunjung.

Meskipun demikian, ragunan tidak ada kenaikan untuk tiket masuk, seperti biasanya tiket masuk ragunan Rp 4 ribu. Wahyudi Bambang juga mengimbau agar pengunjung yang membawa anak kecil diharap memperhatikan anak-anaknya, dan tidak memakai barang-barang atau perhiasan yang mencolok.

”Sampai sore kemarin, tidak ada anak yang hilang. Namun anak yang terlepas dari rombongan ada tapi sudah bisa diatas oleh bagian informasi,” ujarnya.

Melonjaknya pengunjung ragunan juga membuat busway Koridor VI tidak bisa memasuki areal terminal ragunan. Pasalnya terminal ragunan digunakan untuk parkiran bus-bus yang berasal dari luar kota, sehingga akses jalur busway menjadi terhalang.

Pantauan koran ini, dari siang hingga sore, pengunjung yang keluar dari ragunan terpaksa harus berjalan kaki karena di sekitar lokasi wisata tersebut dipadati kendaraan pribadi maupun kendaraan sewa serta angkutan kota.

”Kita sudah biasa untuk liburan bersama keluarga di Ragunan. Melepas penat mengurus ini-itu,” tukas ibu rumah tangga Indah, 34, warga Jakarta.Informasi lainnya di lokasi tempat wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga dipadati pengunjung.

Lojakan pengunjung dikarenakan bertepatan dengan hari libur anak sekolah. Biasanya kalau hari minggu di luar musim liburan anak sekolah, jumlah pengunjung TMII hanya sekitar 20 ribu orang. Sedangkan untuk tempat favorit keluarga yang paling banyak dikunjungi adalah arena wisata air Snow Bay dan tempat anjungan rumah-rumah daerah di Indonesia. (ibl)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...