Raker dengan Pemprov Sumut, Komite III DPD Cek Persiapan PON XXI 2024

Raker dengan Pemprov Sumut, Komite III DPD Cek Persiapan PON XXI 2024
Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni di rapat kerja dengan Pemprov Sumut, Senin (27/9). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, MEDAN - Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni menyatakan komitmennya mendukung persiapan penyelenggaraan PON XXI 2024 yang akan dihelat di Sumatera Utara.

Salah satunya dukungan untuk pembangunan sport center sebagai stadion terbesar ketiga di Asia Tenggara yang akan menjadi tempat penyelenggaraan PON Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di provinsi tersebut.

“DPD juga akan berjuang melobi kementerian-kementerian terkait untuk pendanaan kegiatan PON ini,” kata Sylviana Murni dalam rapat kerja terkait kesiapan Sumut sebagai tuan rumah PON XXI di Kantor Gubernur Sumut, Senin (27/9).

Dalam pertemuan yang juga terkait pengawasan pelaksanaan UU 3/2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional itu, Senator dari Kalimantan Utara Hasan Basri menyoroti langkah Pemprov Sumut mempersiapkan penyelenggaran PON XXI, termasuk dalam pembinaan atlet.

“Berapa atlet Sumut dalam PON XXI? Bagaimana upaya Sumut dalam menyiapkan atlet bertarap nasional dan internasional? Koordinasi KONI dengan kementerian terkait? Apa saja kendalanya? Ini yang harus diperhatikan sebagai tuan rumah,” tanya Hasan Basri.

Senator Sumatera Barat Muslim M Yatim berpandangan pembangunan stadion seluas 300 hektare tidak mudah karena akan membutuhkan biaya besar.

Muslim mempertanyakan langkah Pemprov Sumut ketika pembangunan tersebut tidak dapat dibebankan pada APBN semata.

Masih terkait pembiayaan, Senator dari Sumatera Utara Dedi Iskandar Batubara menyampaikan Komite III DPD sedang memperjuangkan RUU Sistem Keolahragaan Nasional (SKN).

Provinsi Sumut akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON XXI 2024, Komite III DPD menyatakan kesiapan mendukung berbagai persiapan yang dilakukan.