Rangkul Tiongkok demi Kembangkan BLK

Rangkul Tiongkok demi Kembangkan BLK
Rangkul Tiongkok demi Kembangkan BLK
JAKARTA -- Pemerintah terus berupaya menjalin kerja sama bilateral lebih erat dengan Tiongkok. Salah satu program yang diharapkan dapat dukungan Tiongkok adalah pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mengatasi tingginya pengangguran di tanah air.

"Ini upaya pemerintah mendukung peningkatan keterampilan dan produktivitas sumberdaya manusia agar memaksimalkan pertumbuhan kesempatan kerja dan pembangunan," ujar Menakertrans Muhaimin Iskandar saat dihubungi kemarin (16/7).

Saat ini, Muhaimin berada di Beijing, Tiongkok untuk menghadiri pertemuan Ke-5 Menteri Sumber Daya Manusia APEC. Pertemuan itu dihadiri para menteri  negara-negara anggota APEC (kerja sama ekonomi Asia Pasifik) yang bertanggung jawab dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Upaya menjalin kerja sama dengan Tiongkok adalah terobosan baru demi mendukung semangat wirausaha nasional. Per Februari 2010, terdapat total 116 juta angkatan kerja. Jumlah angkatan kerja itu naik 2,17 juta dibanding Agustus 2009. Sedangkan jumlah pengangguran pada 2010 mencapai 8,59 juta orang atau turun 666 ribu orang dibandingkan Februari 2009 yang mencapai 9,26 juta orang.

JAKARTA -- Pemerintah terus berupaya menjalin kerja sama bilateral lebih erat dengan Tiongkok. Salah satu program yang diharapkan dapat dukungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News