Ratusan ABK Vietnam Dipulangkan Lewat Jalur yang Disepakati

Ratusan ABK Vietnam Dipulangkan Lewat Jalur yang Disepakati
228 ABK asal Vietnam dipulangkan. Foto dok Humas KKP

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah memulangkan sebanyak 228 ABK asal Vietnam, Selasa (13/9) kemarin.

Pemulangan itu dilakukan melalui jalur laut yang disepakati dengan titik pertemuan antara Kapal Pengawas Perikanan dan Kapal Pemerintah Vietnam di perairan perbatasan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) dengan perairan Vietnam dengan koordinat lokasi 04°00.000 N – 107°30.000 E.

"Atau sekitar 2 jam 30 menit dari Kabupaten Natuna," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Sjarief Widjaja.

Dari sebanyak 228 orang yang dipulangkan itu, terdiri dari 47 orang yang ditampung di Kantor Satuan Kerja PSDKP Batam, 68 orang dari kantor Satuan Kerja PSDKP Natuna, dan 113 ABK dari Satuan Kerja PSDKP Tarempa.

Sjarief juga menjelaskan, pemulangan ratusan ABK ini dilakukan untuk meringankan tugas para Pengawas Perikanan di lapangan.

"Dengan dipulangkannya ABK non justisia, maka tugas dan tanggung jawab petugas di lapangan akan semakin ringan dan akan lebih terkonsentrasi pada proses hukum kasus yang sedang ditanganani, serta ABK yang dijadikan tersangka," tandasnya.(chi/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah memulangkan sebanyak 228 ABK asal Vietnam, Selasa (13/9) kemarin. Pemulangan itu dilakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News