Reaksi PA 212 soal Buletin Al Fatihin Sebut UBN Ulama Murtad

Reaksi PA 212 soal Buletin Al Fatihin Sebut UBN Ulama Murtad
Ustaz Bachtiar Nasir. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Persaudaraan Alumni (PA) 212 langsung bereaksi atas buletin Al Fatihin yang menyebut Ustaz Bachtiar Nasir (UBN) sebagai ulama murtad. Juru Bicara PA 212 Novel Bamukmin mengatakan, isi buletin itu itu sengaja disebarkan pihak berpaham ekstrem yang mengafirkan sesama umat Islam yang tak sepaham dengannya.

“Ini memang ada upaya adu domba dan memecah belah persatuan untuk menanamkan kepada umat Islam rasa tidak percaya kepada ulama yang selama ini telah gigih dan nyata membela Alquran,” ujar dia kepada JPNN, Kamis (16/5).

Novel menuturkan, perbedaan pemahaman dalam Islam adalah hal yang biasa. Bahkan, perbedaan pemahaman soal Islam sudah ada sejak dahulu.

Baca juga: Buletin ISIS Sebut Ustaz Bachtiar Nasir Ulama Murtad

“Perbedaan harus dihadapi dan itu sesuai dengan ketentuan Allah termaktub dalam Surah Hud ayat 118. Dan dengan perbedaan ini bukan untuk saling mengkafirkan yang dengan bukan masalah prinsip,” tambahnya.

Novel pun memastikan UBN bukan ulama murtad seperti tudingan Al Fatihin. Terlebih, UBN sedang konsentrasi membangun lembaga pendidikan AQL (Ar-Rahman Qur' an Learning).

Hanya saja, Novel mengaku tak kaget jika pengikut ISIS mengafirkan UBN. Sebab, UBN pernah menjadi ketua Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang memiliki perbedaan pemahaman dengan ISIS yang radikal.(mg1/jpnn)


Persaudaraan Alumni (PA) 212 menduga ada upaya mengadu domba sesama umat Islam melalui buletin Al Fatihin yang menyebut Ustaz Bachtiar Nasir ulama murtad.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News