JPNN.com

Realisasi APBN Dikawal Lebih Awal

Jumat, 14 Januari 2011 – 15:30 WIB
Realisasi APBN Dikawal Lebih Awal - JPNN.com
Realisasi APBN Dikawal Lebih Awal
JAKARTA - Pemerintah akan mengawal penyerapan anggaran dimulai dari awal tahun. Percepatan penyerapan anggaran ini dilakukan demi menindaklanjuti derasnya kritikan terhadap lambannya daya serap pemerintah dari tahun ke tahun.

Kepada wartawan di Jakarta, Jumat (14/1), Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo mengatakan, percepatan penyerapan anggaran telah dimulai sejak akhir tahun 2010. Di antaranya dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) yang menjadi dasar untuk melakukan percepatan tender proyek.

"PP (yang) menjadi dasar menerbitkan penjaminan pemerintah untuk PPP (Public Private Partnership) ini sudah keluar. Penyerapan bisa lebih cepat. Pada bulan Desember 2010 sudah ada 1.800 proyek siap tender, dan sekarang sudah sampai 3.000 proyek siap tender," kata Agus.

Dengan demikian, Agus optimis penyerapan anggaran di kuartal pertama tahun 2011, akan lebih baik daripada periode yang sama tahun sebelumnya. Pengawasan dari Kemenkeu pun katanya, dilakukan dengan telah diberlakukannya sistem reward and punishment.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ito