Renault Segera Pakai F-duct

Renault Segera Pakai F-duct
Renault Segera Pakai F-duct
PARIS - Makin banyak tim yang memanfaatkan keunggulan sistem aerodinamis F-duct di Formula 1 2010. Tim terakhir yang mengembangkannya adalah Renault. Mereka merevisi keputusan untuk mengembangkan sistem yang pada awalnya dikembangkan McLaren-Mercedes itu, setelah banyak tim bisa lebih cepat karenannya.

     

Berkat sistem yang bisa membuat mobil lebih cepat di trek lurus itu, McLaren saat ini memimpin klasemen sementara konstruktor. Belakangan, beberapa tim seperti Mercedes GP, BMW Sauber-Ferrari, Ferrari, William-Cosworth, dan Force India-Ferrari juga memakainya. Renault sendiri sebagaimana disampaikan bos tim Eric Boullier mengembangkan F-duct sejak April lalu. Dibandingkan tim-tim lain, itu termasuk yang paling akhir.

     

Meski secara terbuka sudah mengembangkan F-duct, namun Boullier belum bisa mengkonformasikan kapan pastinya mobil Renault R30 akan menggunakan sistem itu dalam lomba. Termasuk untuk seri kedelapan di Kanada pada 13 Juni nanti. Padahal, di sana F-duct akan banyak membantu karena banyak bagian sirkuit merupakan lintasan lurus yang panjang.

     

"Sejauh ini saya hanya bisa mengatakan pada Anda bahwa F-duct akan segera diuji. Kami ingin memakainya secepat mungkin. Namun, kami tidak mau terburu-buru dalam menggunakannya, harus sempurna 100 persen lebih dahulu,: kata Boullier seperti dilansir ESPN.

     

PARIS - Makin banyak tim yang memanfaatkan keunggulan sistem aerodinamis F-duct di Formula 1 2010. Tim terakhir yang mengembangkannya adalah Renault.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News