Resmi Dilantik, PB PDBI Langsung Siapkan Kejurnas

Resmi Dilantik, PB PDBI Langsung Siapkan Kejurnas
Ketua Umum PB PDBI Kombes Pol Joko Sarwoko usai pelantikan di Hotel Red Top, Jakarta, Senin (19/2). Foto: Trimujoko Bayuaji

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB PDBI) periode 2017-2021 akhirnya resmi dilantik. Pelantikan PB PDBI dilakukan langsung oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman.

Pasca-pengukuhan, PB PDBI langsung bersiap menggelar sejumlah program kerja. Ketua Umum PB PDBI Kombes Pol Joko Sarwoko menyatakan, pihaknya akan segera menggelar kejuaraan nasional (kejurnas) di berbagai tingkatan.

Tujuannya untuk meningkatkan prestasi serta popularitas cabang olahraga drum band di Indonesia. "Kami akan membuat kejuaraan junior dan senior di tingkat pelajar untuk mempersiapkan kegiatan pada PON 2020 di Papua," ujar Joko usai pelantikan di hotel Red Top, Jakarta, Senin (19/8).
 
Joko menambahkan, PB PDBI melalui pengurus provinsi (pengprov) juga akan menggiatkan kejuaraan di level daerah (kejurda) demi mencari bibit muda potensial. "Kejuaraan di tingkat SD, SMP, SMA nantinya dilaksanakan pengprov. PB PDBI hanya mengakomodasi supaya kejuaraan itu bisa berjalan dengan lancar dan semarak," imbuhnya.
 
Sekadar diketahui, drum band mulai dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 yang dihelat di Jawa Barat. Ke depan, PDBI memasang target mengikuti event berskala internasional dan menjalin kerja sama dengan organisasi di luar negeri, salah satunya Drum Corps International (DCI).

"Kami masih bernegosiasi dengan organisasi internasional seperti untuk mengadakan event berskala internasional sehingga atlet-atlet Indonesia bisa bergelut di kancah internasional," tegasnya.
 
Pada ajang Asian Games 2018, PD PDBI ingin berkontribusi demi memeriahkan Indonesia sebagai tuan rumah. Atlet drum band Indonesia akan berpartisipasi mengiringi obor api yang bersumber dari api abadi di Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, sebelum dinyalakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Kami sudah koordinasi dengan Inasgoc selaku Panitia Asian Games. Jadi, kelompok atlet kami dari setiap provinsi akan mengiringi defile obor api Asian Games," pungkasnya.(bay/JPK)


Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB PDBI) akan akan segera menggelar kejuaraan nasional (kejurnas) di berbagai tingkatan untuk memacu prestasi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News