Respons Ketua DPD RI Tentang PJKP Kemenag 

Respons Ketua DPD RI Tentang PJKP Kemenag 
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, TAMBOLAKA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap Kementerian Agama dapat memaksimalkan pengelolaan pesantren agar dapat menggerakkan perekonomian masyarakat.

Menurut LaNyalla, pesantren yang dikelola dengan baik bisa menjadi penggerak roda perekonomian untuk warga sekitarnya.

Pada kesempatan itu, LaNyalla memberikan dukungan terhadap Peta Jalan Kemandirian Pesantren (PJKP) Kementerian Agama.

“PJKP Kementerian Agama harus dikelola dengan baik. Karena, tidak semua pesantren memiliki potensi kemandirian. Bahkan, masih ada pesantren yang masih membutuhkan banyak bantuan," ujar LaNyalla di Tambolaka, Sumba Barat Daya, NTT, Senin (22/3/2021).

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan pesantren yang mampu mengelola potensi kemandirian akan mampu mengembangkan ekonomi melalui berbagai kegiatan seperti koperasi atau lembaga keuangan syariah, ekonomi agrobisnis, peternakan dan perikanan bahkan pengembangan IT.

"Umumnya pesantren yang belum memiliki potensi ekonomi dan belum punya jaringan ataupun produk biasanya kebanyakan persantren salaf, dan ini yang harus menjadi fokus dan pendampingan yang serius," katanya.(jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap Kementerian Agama dapat memaksimalkan pengelolaan pesantren agar dapat menggerakkan perekonomian masyarakat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News