RIB Lawan COVID-19 Gelar Rapid Test, Sandi: Demi Mengurangi Beban Rakyat

RIB Lawan COVID-19 Gelar Rapid Test, Sandi: Demi Mengurangi Beban Rakyat
Sandiaga Uno mengecek kegiatan rapid test massal di Jakarta. Foto: dok Humas RIB Lawan COVID-19

jpnn.com, JAKARTA - Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Lawan COVID-19 menggelar tes cepat massal atau rapid test demi meringankan beban hidup rakyat kecil di Gedung Rumah Sandiuno Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa (21/7).

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sandiaga Uno bersama Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali turut memantau gelaran rapid test kali ini.

Sandi menerangkan, rakyat yang ingin beraktivitas pada sektor tertentu diwajibkan mengantungi hasil negatif COVID-19 dari pemeriksaan rapid test.

"Tes ini untuk mengurangi beban biaya hidup masyarakat. Seperti dilihat, banyak sekali masyarakat yang hadir dari wilayah lain. Seperti Jakarta Utara, dari Karawang juga, karena biaya rapid test menjadi beban masyarakat, apalagi mereka diharuskan, proses screening untuk masuk institusi pendidikan atau dalam pekerjaan diharuskan mengikuti rapid tes," ucap Sandi.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 menyediakan 500 sampai 700 alat rapid test kit pada pemeriksaan kali ini.

Selain itu, mereka juga menyediakan dua unit mobil laboraturium untuk tes metode Polymerase Chain Reaction (PCR) dan dua unit mobil ambulans.

Diketahui, mobil laboratotium diperuntukan bagi masyarakat yang menunjukan hasil reaktif dari hasil rapid test. Kemampuan mobil laboratotium ini bisa melakukan uji sampel sebanyak 300 per harinya dan bisa diketahui hasilnya selama kurang lebih 5 sampai 7 jam.

Hingga Selasa pukul 10.30 WIB, tercatat 260 orang menjalani rapid test. Dengan hasil 68 orang di antarnya reaktif COVID-19.

Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Lawan COVID-19 dengan menggelar tes cepat massal atau rapid test di Gedung Rumah Sandiuno Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa (21/7) ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News