Ribuan Desa Belum Seratus Persen Menerima Pencairan Dana Desa

Ribuan Desa Belum Seratus Persen Menerima Pencairan Dana Desa
Mendagri Tjahjo Kumolo/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memeroleh informasi terdapat ribuan desa belum menerima pencairan anggaran dana desa hingga awal Desember. Paling tidak hingga Jumat (11/12) kemarin, baru 86 persen dari total 74 ribu desa di Indonesia yang pencairan dana desanya telah selesai seratus persen. Dana-dana tersebut hingga saat ini masih mengendap di rekening pemerintah kabupaten/kota. 

"Waktu kami (bertemu,red) dengan DPD, masih ada sekian ribu desa yang belum (menerima pencairan dana desa,red) di awal Desember. Kasihan, itu uang tersimpan di tingkat II. Ini kan uangnya/haknya masyarakat desa," ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Senin (14/12).

Atas informasi tersebut, Tjahjo berharap pemerintah daerah terkait dapat segera mempercepat proses panyaluran. Karena sangat dibutuhkan masyarakat desa. 

"Presiden sudah sepakat tahun depan (dana desa,red) dinaikkan dua kali lipat, itu sudah masuk anggaran. Kredit usaha rakyat naik 2x lipat. Jadi harus ada political will dari masing-masing Pemda Tingkat I dan II mempercepat proses penyaluran dana desa," ujar Tjahjo. 

Mantan anggota DPR ini mengaku, dalam mendorong Pemda segera mencairkan dana desa, pihaknya telah mengirimkan radiogram ke daerah-daerah terkait. Isinya, bagi daerah yang belum mencairkan, agar segera melakukannya. 

"Jadi saya mendorong, ini hak rakyat desa. Jangan sampai ada ketimpangan gara-gara uang desa tidak mengalir. Harus percayalah pada perangkat desa. Desa mampu mempertanggungjawabkan keuangan desa," ujar Tjahjo.(gir/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memeroleh informasi terdapat ribuan desa belum menerima pencairan anggaran dana desa hingga awal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News