Ribuan Kepiting Ini Gagal Diekspor ke Malaysia Lantaran sudah Bertelur

Ribuan Kepiting Ini Gagal Diekspor ke Malaysia Lantaran sudah Bertelur
Ribuan Kepiting Ini Gagal Diekspor ke Malaysia Lantaran sudah Bertelur

jpnn.com - BALIKPAPAN - Seperti tak ada efek jera bagi pelakunya, Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Klas 1 Balikpapan kembali menggagalkan penyelundupan ribuan kepiting bertelur. Ketam yang rencananya hendak diekspor ke Malaysia itu digagalkan di Bandara Internasional Sepinggan, Senin (22/6).

Kepiting siap ekspor yang diketahui jumlahnya lebih besar ketimbang sebelumnya. Bila sebelumnya sebanyak 2.033 kepiting bertelur, kini 2.940 kepiting bertelur. Puluhan koli kepiting tersebut, rencananya akan dikirim dengan menggunakan jasa kargo.

Kasi Pengawasan Pengendalian dan Informasi BKIPM Balikpapan Yuni Irawati Wijaya mengungkapkan, aktivitas tersebut dianggap melanggar Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan Nomor 1/2015. 

Ia mengatakan, sejak awal 2015, BKIPM tercatat sudah 14 kali menggagalkan ekspor kepiting. Jumlah kepiting bertelur yang diamankan mencapai 7.233 ekor. Sedangkan kepiting yang beratnya tidak sesuai ketentuan sebanyak 1.973 ekor.

Dikatakan, informasi pengiriman kepiting bertelur melalui bandara ini diperoleh petugas. Akhirnya, sekitar pukul 14.00 Wita, petugas BKIPM yang sedang piket, memeriksa kargo berisi kepiting.

Saat dilakukan pemeriksaan satu per satu, ternyata kepiting yang kondisinya sedang bertelur mencapai 2.940 ekor dari 3 ribuan kepiting. "Modusnya sama, menaruh kepiting jantan di atas tumpukan kepiting bertelur. Petugas kami sempat melakukan sortir lebih dari dua jam," bebernya.

Setelah berhasil mengamankan kepiting, petugas BKIPM langsung membawanya ke kawasan Kariangau, Balikpapan untuk dilepas ke laut. "Kami menyegerakan dibuang ke laut agar kepiting bisa kembali hidup," tuturnya.

Sebelumnya, ribuan kepiting selundupan digagalkan di Pelabuhan Feri Kariangau, Minggu (10/5). Berdasarkan rencana, ketam dari Paser itu akan diekspor ke sejumlah negara melalui Kota Minyak. Hasil tangkapan BKIPM Klas 1 Balikpapan ini diketahui sebanyak 5 ribu kepiting bakau. Sebelum ini, BKIPM juga menggagalkan penyelundupan 1.890 kepiting di Bandara Sepinggan, Rabu (8/4) lalu. (qi/rom/k15/ray)

BALIKPAPAN - Seperti tak ada efek jera bagi pelakunya, Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Klas 1 Balikpapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News