Ribuan Perangkat Desa Kepung Istana

Ribuan Perangkat Desa Kepung Istana
Ribuan Perangkat Desa Kepung Istana
JAKARTA - Ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), mengepung Istana Negara, Senin (13/12). Mereka berorasi menuntut agar pemerintah memperhatikan nasib perangkat desa dan meminta ditentukan status pekerjaannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ribuan perangkat desa ini sejak pagi telah memadati kawasan sekitar Istana Negara. Mereka datang dengan menggunakan sekitar 83 bus dan 20 mobil pribadi, yang mengangkut perangkat desa dari 150 kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Awalnya, mereka berorasi dengan damai, menuntut pemerintah bersikap adil dengan memperhatikan hak-hak mereka. Karena bagaimanapun, perangkat desa disebutkan adalah garda terdepan pemerintah di tingkat terkecil sosial masyarakat.

Namun semakin siang, aksi demontrasi tersebut berlangsung semakin panas. Karena tidak mendapat tanggapan serius, para perangkat desa tampak mulai menguasai jalan utama di depan Istana Negara. Mereka pun mulai membuka baju dan membuat jemuran dadakan. Karena aksi tersebut, sepanjang jalan di depan Istana Negara terpaksa dialihkan, yang akhirnya membuat kemacetan panjang.

Beberapa aparat kepolisian terlihat sempat berusaha melakukan negosiasi dengan para aparat desa yang berdemo. Namun mereka tidak bergeming. Bukannya menuruti permintaan polisi, para aparat desa ini malah semakin menambah panjang tali jemuran, dan membentangkannya menutup jalan menuju Istana Negara. Mereka juga ada yang tidur di aspal jalan untuk menghalangi kendaraan yang lewat.

JAKARTA - Ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), mengepung Istana Negara, Senin (13/12). Mereka berorasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News